Tingkatkan Konektivitas, PUPR Lanjutkan Proyek Jalan Perbatasan di Kaltara

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pengerjaan proyek pembangunan jalan perbatasan Indonesia – Malaysia sepanjang 966,59 kilometer di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Pembangunan ini juga dilakukan dengan tujuan meningkatkan konektivitas antar wilayah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tujuan lain dari pembangunan infrastruktur ini adalah membuka akses daerah terisolir. Hal ini juga sebagai pemerataan hasil-hasil pembangunan di luar Pulau Jawa, terutama di daerah perbatasan.

Pekerjaan pengaspalan diprioritaskan pada area yang sudah ada permukiman atau padat penduduk serta terdapat fasilitas umum seperti puskesmas, pasar, sekolah, dan kantor pemerintahan.

“Jaringan jalan perbatasan ini merupakan infrastruktur yang bernilai strategis bagi NKRI dengan fungsi sebagai pertahanan dan keamanan negara dan mendukung pusat pertumbuhan ekoomi baru di kawasan perbatasan” kata Basuki dalam keterangan tertulisnya.

Adapun secara kseluruhan, jalan perbatasan di Kaltara ini mencakup jalan paralel perbatasan dengan panjang 614,55 kilometer dan akses perbatasan 352,04 kilometer. Hingga akhir 2019, tersisa 80,8 kilometer yang belum dibuka dari total panjang keseluruhan.

Sebagai informasi, untuk Tahun Anggaran (TA) 2020 ini, Kementerian PUPR menanggarkan sebesar Rp231 miliar untuk pembangunan 8 ruas jalan perbatasan dan 3 ruas akses perbatasan di wilayah Kaltara.

Adapun rincian pembangunan jalan perbatasan yang telah konstruksi antara lain, Jalan Long Semamu Long Bawan 3 sepanjang 1,2 km dengan progres 0,38%, Jalan Long Semamu Long Bawan 4 sepanjang 1,8 km dengan progres fisik 1,6% dan biaya Rp20,9 miliar.

Selanjutnya, Jalan Long Boh Metulang Long Nawang dengan panjang 3,5 km progresnya mencapai 37,12%, dan Jalan Long Boh Metulang Long Nawang 2 sepanjang 2,5 km dengan progres 33,7%.

Baca Juga : Alokasikan Anggaran Rp22,4 M, PUPR Bedah 1.280 RTLH di Bireuen Aceh

Sementara untuk empat ruas sisanya masih dalam tahap persiapan lelang, yakni Jalan Malinau Semamu 1 sepanjang 1,4 km, Jalan Long Semamu Long Bawan  sepanjang 2 kilometer, Jalan Long Semamu Long Bawan 2 sepanjang 2,1 km, dan Jalan Long Nawang sepanjang 400 meter. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo