Walau Sudah Beroperasi Penuh, Bandara Kulon Progo Sepi Penumpang karena Corona

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Angkasa Pura I (Persero) telah memindahkan mayoritas penerbangan dari Bandara Adisutjipto ke Bandar Udara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. Bandara ini resmi beroperasi pada Minggu (29/03/2020). Namun dihari pertama operasional, bandara ini justru terlihat sepi. Hal ini dikarenakan adanya pandemi corona yang sedang mewabah di Indonesia. Bahkan tercatat 53 penerbangan di Yogyakarta International Airport (YIA) mengajukan pembatalan.

“Dampak corona cukup dirasakan maskapai, penumpang turun signifikan. Penerbangan total 168 penerbangan. Namun dari 168 ini ada 53 yang melakukan cancel karena jumlah penumpang tidak memungkinkan. Sehingga ada 135 penerbangan yang akan mulai beroperasi secara penuh di bandara Jogja” kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Baca Juga : Pengelola Tol Dukung Keputusan Pemerintah Terkait Karantina Jabodetabek

Faik juga mengungkapkan, YIA yang memiliki rata-rata jumlah penumpang per hari mencapai 18.000 kini hanya tinggal sekitar 7.000 hingga 8.000 perharinya. Kondisi ini diperkirakan dapat berdampak pada perusahaan. Pendapatan perusahaan tidak akan bisa mencapai target yang ditentukan.

Untuk menekan penyebaran virus corona, pihak Angkasa Pura sudah menerapkan social distancing. Selain itu, berbagai hal juga sudah disiapkan seperti menyediakan hand sanitizer di berbagai titik di Bandara untuk menjaga kebersihan setiap penumpang. Penyemprotan desinfektan secara berkala juga dilakukan terhadap fasilitas di bandara, khususnya di lokasi-lokasi yang bersinggungan langsung dengan penumpang. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo