Kemenhub akan Kaji Ulang Perihal Wacana KA Jarak Jauh Dialihkan ke Stasiun Manggarai

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan memilih stasiun Manggarai sebagai pusat perlintasan kereta api (KA) jarak jauh. Terkait wacara tersebut, Kementerian Perhubungan akan melakukan kajian dan diskusi dengan sejumlah pemangku kepentingan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi menjelaskan, rencana itu tampaknya perlu didiskusikan lagi dengan beberapa pihak, salah satunya dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPJT).

“Nanti saya coba diskusikan. Biasanya pak menteri kalau ada perubahan terhadap skema untuk satu terminal satu simpul, pasti akan dilibatkan dengan yang lain termasuk BPTJ” kata Budi.

Keinginan Kemenhub membahas kembali wacana Stasiun Manggarai menjadi hub atau persinggahan utama kereta di DKI Jakarta lantaran pemindahan itu berpotensi berdampak terhadap arus lalu lintas di sekitaran Stasiun Manggarai.

Namun demikian, lanjut Budi, jika pemindahan stasiun utama dari Gambir ke Manggarai sukses, maka akan tercipta sinergo angkutan antar moda yang lebih baik. Apalagi, di sekitar Manggarai juga tengah dibangun pemukiman dengan konsep Transit Oriented Development (TOD).

Mantan Menteri Perhubungan (Menhub) yang juga mantan Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan juga buka suara soal rencana pemindahan KA jarak jauh ke Manggarai tersebut.

Baca Juga : SMF Dapat Suntikan Modal Rp 2,5 Triliun untuk Bangun Rumah Murah

Jonan menegaskan bahwa Stasiun Gambir harus tetap melayani kereta api jarak jauh. Ia mencontohkan seperti Tokyo Central Station dan banyak central station lain di banyak kota besar di dunia.

“Pengalihan ke stasiun Manggarai tidak tepat karena lalu lintas di kawasan Manggarai masih menantang. Selain itu, Stasiun Manggarai adalah stasiun pengendali dari banyak arah perjalanan kereta api, termasuk tujuan kereta bandara” kata Jonan.

Pihak PT KAI berencana memberlakukan Stasiun Gambir tidak lagi melayani kereta jarak jauh mulai tahun 2021. Sebagai gantinya, seluruh kereta jarak jauh akan dipusatkan di Stasiun Manggarai. Stasiun Gambir akan melayani KRL Commuter Line, yang selama ini tidak bisa disinggahi oleh KRL. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo