SMF Dapat Suntikan Modal Rp 2,5 Triliun untuk Bangun Rumah Murah

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mendapat Penyertaan Modal Negara (PMN) dari pemerintah sebesar Rp 2,5 triliun pada 2020. PMN tersebut bersumber dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 dan dimaksudkan untuk melanjutkan pembangunan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, dengan adanya penambahan PMN pada 2020, SMF akan mendukung pemenuhan backlog perumahan melalui pembiayaan 102.500 unit rumah bagi MBR pada program KPR dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan poris 25%. Sebelumnya porsi pembiayaan SMF 10%.

“Kami juga akan membiayai 17.000 unit rumah pada program KPR pasca bencana dan program KPR SMF bagi ASN, TNI dan Polri” ujar Ananta.

Ananta juga menjelaskan, penambahan PNM kepada SMF bertujuan untuk mendukung program satu juta rumah. Kemudian menurunkan porsi atau beban pemerintah dalam KPR FLPP, menambah jumlah rumah yang dibiayai melalui leveraging yang dilakukan oleh perseroan, serta menyediakan dana jangka panjang bagi penyalur KPR yang menjalankan program pemerintah.

Hingga Juni 2019, PT SMF telah mengalirkan dana kepada penyalur KPR sejumlah Rp 52,85 triliun. Pengaliran dana dilaksanakan dengan memfasilitasi sekuritisasi sebesar Rp 10,5 triliun dan penyaluran pinjaman atau refinancing sebesar Rp 42,69 triliun.

Baca Juga : 6 Kota di Luar Pulau Jawa akan Dikembangkan Menjadi Kota Metropolitan

Pemerintah sebelumnya juga berencana menambah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun ini dari Rp 5,2 triliun menjadi sekitar Rp 8,6 triliun. Tambahan anggaran diperuntukkan guna menambah kuota rumah bersubsidi dari sebelumnya 68,9 ribu unit menjadi 80 ribu unit. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo