6 Kota di Luar Pulau Jawa akan Dikembangkan Menjadi Kota Metropolitan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Enam kota di luar Pulau Jawa akan dikembangkan menjadi kawasan metropolitan. Satu diantaranya yaitu kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur. Sedangkan lima lainnya adalah Palembang, Banjarmasin, Manado, Makassar dan Denpasar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pengembangan kota metropolitan di luar Pulau Jawa tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pemerataan pembangunan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Dengan adanya pengembangan kota metropolitan tersebut diharapkan dapat mejadi tumpuan pertumbuhan ekonomi dan berkontribusi lebih besar  pada peningkatan PDB (Produk Domestik Bruto) nasional” kata Basuki.

Baca Juga : Lokasi Jauh dari Tempat Kerja, Program Sejuta Rumah Masih Perlu Evaluasi

Mengutip kajian milik Bappenas, Basuki menyebutkan bahwa Indonesia setiap pertumbuhan 1 persen penduduk perkotaan akan meningkatkan 14 persen PDB per kapita di Indonesia. Hal ini lebih rendah dari pertumbuhan Tiongkok di mana setiap pertumbuhan 1 persen penduduk berkontribusi minimal 3 persen PDB per kapita ataupun di Asia Timur dan Pasifik sebebsar 2,7 persen.

Pembangunan kota-kota di luar Pulau Jawa juga untuk melanjutkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, yang telah membangun fondasi pembangunan lebih tangguh, lebih produktif, dan merata. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo