Pemerintah Pastikan 2021 Mulai Bangun Jembatan Batam-Bintan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Presiden Joko Widodo memastikan pembangunan Jembatan Penghubung Batam-Bintan di Provinsi Kepulauan Riau mulai akan dibangun pada 2021 mendatang. Hingga saat ini, proyek Jembatan Batam-Bintan (Babin) sudah dalam tahap pematangan detail desain.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, detail desain ini masih membutuhkan penelaahan lebih lanjut. Namun bisa dipastikan, detail desainnya sendiri sudah dibuat oleh Pemerintah Kota Batam.

“Sekarang sudah ada detail desainnya dari Pemerintah Daerah (Pemda) nanti kami review terlebih dahulu karena itu melalui laut jadi kami harus hati-hati” kata Basuki.

Seperti diketahui, jembatan ini memang nantinya akan melintasi laut. Pembangunan jembatan bertujuan untuk meningkatkan konektivitas, mengurangi biaya logistis di Kepri dan mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Sauh, kawasan industri, serta pariwisata di Pulau Galang dan Bintan yang berdekatan dengan Singapura.

Untuk merealisasikan jembatan yang dirancang sepanjang 6,79 kilometer tersebut, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Biaya pembangunan jembatan Babin sendiri diperkirakan mencapai Rp3 triliun hingga Rp4 triliun dengan skema tahun jamak (multiyears contract). Basuki juga menjelaskan, pembangunan Jembatan Babin tersebut merupakan salah satu program yang dilaksanakan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga : Bersama Korea Selatan, Angkasa Pura I akan Kelola Terminal 4 Bandara Kuwait

Sementara, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Indonesia, Suharso Manoarfa berjanji akan teris memantau perkembangan pembangunan jembatan Batam-Bintan ini.

“Saya akan terus mengkomunikasikan pembangunan tersebut dengan kementerian terkait” jelas Suharso. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo