PT KAI Akan Perpanjang Jalur KRL dari Rangkasbitung Hingga Stasiun Serang

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada tahun 2020 ini akan memperpanjang jalur ganda atau dobel trek Kereta Rel Listrik (KRL) dari Rangkasbitung hingga Stasiun Serang, Banten.

Saat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih fokus pada perbaikan jalur kereta api (KA) untuk meningkatkan kecepatan KA lokal atau KRD yang melintas.

“Kita akan meningkatkan kecepatan yang Rangkasbitung ke Merak mealui Serang jadi 70km/jam. Karena sekarang ini kecepatan cuma 40km/jam. Kita akan perbaiki konstruksinya dan kita akan jadikan 70km/jam” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banten, Tri Murtopo membenarkan tahun ini akan dibangun jalur ganda KRL Rangkasbitung-Serang. Rencananya pembangunan elektrifikasi jalur dari Stasiun Rangkasbitung hingga Kota Serang akan dimulai April mendatang, tapi pihaknya masih menunggu perhitungan appraisal.

Baca Juga : Kemenhub akan Aktifkan Kembali Jalur KA Rute Rangkasbitung-Pandeglang

Pemprov Banten hingga kini masih menunggu dokumen perencanaan dari PT KAI. Setelah adanya dokumen tersebut, pembangunan baru bisa dijalankan. Kepala Biro Bina Infrastruktur dan Sumber Daya Air (SDA) Setda Pemprov Banten, Nana Suryana membenarkan akan adanya penambahan jalur dobel trek utuk KRL dari Rangkas ke Serang. Namun, dia belum bisa berbicara banyak karena belum mendapat dokumen perencanaan dari PT KAI.

“Dokumen tersebut nantinya berisi posisi anggaran dan pembebasan lahan. Termasuk soal pelebaran jalur juga ada. Tapi sampai sekarang dokumennya belum saya terima” kata Nana.

Saat ini KRL Commuter Line baru menjangkau Rangkasbitung. Rutenya Tanah Abang-Rangkasbitung yang sudah mulai beroperasi sejak April 2017. Rute ini merupakan rute KRL Commuter Line terpanjang dengan jarak 72,8 kilometer dan berhenti di 19 stasiun kereta. Jarak ini hampir dua kali lipat rute KRL Commuter Line Jakarta-Bogor yang 54,8 kilometer. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo