Banjir Landa Ibu Kota, Begini Cara Membersihkan Rumah

image

Propertinews.id, Tangerang – Indonesia membuka lembaran tahun baru dengan banjir yang hampir menyeluruh di wilayah Tanah Air tercinta. Hujan yang turun pada Selasa (31/12) hingga Rabu (1/1) mengakibatkan sebagian aktivitas di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) terganggu akibat genangan air yang dapat mencapai dua meter tingginya.

Tugas terberat saat banjir melanda adalah ketika debit air perlahan mulai surut. Pasalnya, banjir membawa banyak kotoran dan lumpur sehingga membuat susah ketika membersihkan seisi rumah dan parabotan.

Tak hanya mengotori seisi rumah, lumpur yang dibawa banjir juga berpotensi merusak struktur rumah dan perabotan rumah tangga. Untuk membersihkan rumah berserta isinya pasca banjir bukanlah hal yang mudah.

Perlu Anda ingat, beberapa perabotan rumah tangga memiliki perawatan yang berbeda-beda. ada yang mudah rusak seperti karpet, furnitur, kertas dinding, dan lain sebagainya. Perlu perawatan khusus agar barang-barang yang Anda miliki tidak rusak setelah diterjang banjir. Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini.

Pilah-pilah Benda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membersihkan rumah pasca banjir adalah dengan memilah benda yang terkena dampak banjir. Barang-barang yang terbuat dari bahan kayu dan kain dapat menyebabkan jamur dan mungkin perlu Anda buang.

Beda halnya dengan benda yang terbuat dari kaca, plastik, dan logam tidak akan mengakibatkan karat sehingga bisa dibersihkan dan digunakan kembali.

Barang-barang berbahan kain, seperti karpet tidak cukup bila hanya Anda keringkan karena tak dapat menghilangkan jamur yang mengendap. Karpet yang terendam banjir harus ditangani oleh orang-orang profesional atau yang terburuk harus Anda buang.

Bersihkan Permukaan Lembab

Selanjutnya yang harus Anda lakukan, yakni membersihkan semua permukaan lembab yang tergenang banjir. Buka semua ventilasi udara seperti pintu dan jendela agar permukaan dapat dengan mudah kering.

Anda dapat menggunakan pembersih untuk melakukan pemulihan rumah. Aktivitas ini bisa Anda lakukan selama berhari-hari, dan Anda juga bisa menggunakan bantuan alat elektronik seperti kipas angin dan AC untuk mempercepat proses pengeringan.

Setelah itu, cek semua barang yang sudah Anda bersihkan, apakah masih menimbulkan bau tak sedap atau tidak. Bersihkan setiap sisi agar tak ada bibit jamur yang bisa berkembang.

Simpan Dokumen Penting

Untuk barang-barang yang sifatnya dokumen, bisa Anda bersihkan dari lumpur kemudian masukan ke dalam kantong plastik di dalam lemari es beku agar mencegah jamur untuk berkembang. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo