Ditargetkan Beroperasi Juli 2020, Pembangunan Tol Layang Makassar Sudah Capai 43 Persen

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tol layang pertama di Makassar direncanakan beroperasi pada Juli 2020. Pengerjaan Jalan Tol Layang AP Pettarani ini hingga November 2019, sudah mencapai 43 persen atau mendekati separuh dari rencana.

“Insyaallah semuanya rampung dan diresmikan bulan Juli tahun depan. Pengerjaan sekarang kurang lebih 43 persen. Tinggal memasang box girder jembatan karena tiang-tiangnya sudah terpasang” kata Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara (BMN), Anwar Toha.

Jika mengacu pada masa awal pengerjaan, proyek jalan tol layang AP Pettarani ini seharusnya selesai pada Februari 2020. Namun kontraktor realistis pengerjaan akan memakan waktu sedikit lebih lama.

Selama pengerjaan proyek ini, Anwar juga menyebut ada beberapa kendala dalam pengerjaannya, semisal sambungan kabel-kabel telepon dan fiber yang harus ditata kembali, pemindahan pipa PDAM, hingga tiang reklame.

Baca Juga : Tol Langit Diresmikan, Teknologi 5G Akan Segera Hadir di Indonesia

Di sisi lain, tarif untuk jalan tol layang ini akan disesuaikan setelah pemerintah menilai ruas jalan tol seksi empat telah memenuhi SPM yang telah ditetapkan.

Pemkot Makassar dan PT BMN membangun tol layang pertama dalam kota, dengan nilai investasi Rp2,2 triliun. Proyek ini tidak melalui pembebasan lahan karena berdiri diatas jalan Nasional AP Pettarani.

Tol layang ini akan menjadi jalan alternatif di sepanjang Jalan AP Pettarani untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Jalan protokol tersebut selama ini dikenal sebagai kawasan ruas utama yang rawan kemacetan terutama pada jam-jam sibuk. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo