Jalan Tol Jakarta Cikampek Dibuka Secara Gratis

image

PropertiNews.id , Tangerang – Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi memberi pemberitahuan bahwa jalan tol Jakarta – Cikampek II (elevated) akan mulai beroperasi pada 20 Desember 2019. Padahal sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR berencana mengoperasikan jalan tol ini mulai 15 Desember 2019.

“Iya, soalnya ada beberapa kendala yang kami lihat, masih ada jalan yang belum rata. Jadi sisi kenyamanannya msaih kurang” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau kesiapan Tol Layang Jakarta Cikampek atau Japek jelang libur natal dan tahun baru 2020.

Menurut Menteri Perhubungan, pihaknya akan membatasi kecepatan kendaraan yang melintas di tol sepanjang 39 kilometer ini, yaitu 60KM per jam. Untuk mengawasi hal itu, akan disiapkan CCTV dan juga petugas di titik yang telah direncanakan sepanjang jalan tol.

Jalan tol Jakarta-Cikampek II (elevated) merupakan jalan bebas hambatan yang memiliki ruas jalan sepanjang 39 kilometer. Pemerintah bertujuan dari dibangunnya jalan tol ini ialah untuk memecah penumpukan kendaraan di KM 9 hingga KM 48. Jalan tol ini nantinya berfungsi memisahkan lajur Jakarta-Bekasi-Cikarang dan jalur Jakarta-Cirebon-Bandung-Semarang. Jalan tol ini memiliki empat ruas, masing-masing mengakomodasi dua lajur ke arah Jakarta dan dua arah lagi ke arah Bandung dan Cirebon.

PT Jasa Marga (Persero) mengingatkan kepada pengguna jalan tol ini bahwa tol Japek II yang menghubungkan Cikunir-Karawang Timur tidak memiliki gerbang masuk dan keluar di tengah jalan.

“Perlu disampaikan ke masyarakat bahwa tol elevated Japek II itu hanya diperuntukan untuk pengguna jalan jarak jauh seperti ke Bandung atau kota-kota di Jawa seperti Semarang, kalau dari arah Jakarta” kata Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani.

Jalan tol ini juga tidak memiliki rest area dan pom bensin, sehingga jalan sepanjang 39 kilometer ini diperuntukkan untuk perjalanan nonstop.

Pemerintah akan menggratiskan tarif perjalanan hingga masa liburan tahun baru telah usai. Tujuannya adalah guna menghindari penumpukan kendaraan dan uji coba secara fungsional dari jalan tol Japek II ini sendiri. Basuki sebagai Menteri Perhubungan akan berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk mengawasi arus liburan nanti. (AW)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo