Lahan Mahal, Perumnas Akan Bangun Hunian di Atas Pasar

image

PropertiNews.id, Tangerang - Perum Perumnas sedang bersiap-siap untuk membangun perumahan atau hunian di atas pasar. Hal ini dibuat mengingat lahan tanah yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan sudah terbatas. Rencana ini akan mulai direalisasikan tahun 2020. Namun proses perizinan sedang dilakukan.

Baca Juga : Sidang Bersama DPD – DPR, Jokowi Belum Umumkan Lokasi Pasti Ibu Kota Baru

Direktur Utama Perumnas, Bambang Tri Wibowo mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan BUMD pengelola pasar untuk membangun hunian tersebut. Konsep ini juga sudah diberlakukan di Negara Hongkong yang menghadapi keterbatasan dan mahalnya harga lahan.

“Semakin lama tanah semakin mahal dan rumah semakin dibutuhkan. Karenanya, kami akan bekerjasama dengan PD Pasar. Kami sedang merintis dan insyaallah akan mulai pembangunan hunian di atas pasar” kata Bambang.

Target utama dari pembangunan hunian di atas pasar ini adalah para pedagang yang berjualan di pasar tersebut. Hingga saat ini Bambang masih merahasiakan lokasi tepat dari pembangunan yang akan dilaksanakan tersebut. Rincian besaran unit dan pasar mana yang akan jadi lokasi pembangunan juga masih belum dikonfirmasikan.

“Jadi nanti akan seperti di Hongkong. Di bawahnya ada pasar dan di atasnya ada hunian yang dihuni oleh yang punya unit pasar. Sehingga gampang, kalau capek tinggal naik ke atas untuk beristirahat dan toko ditutup. Kalau sudah cukup istirahat bisa turun lagi untuk buka toko” tambah Bambang.

Perumnas juga berencana untuk merevitalisasi rumah susun yang lama untuk menyiasati harga tanah yang mahal. Hal ini sudah mulai dilakukan pihaknya di Medan dan akan segera merevitalisasi rumah susun yang di Jakarta. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo