Program Rumah Subsidi Pemerintah Capai 77.564 Unit di 2019

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat realisasi pembiyaan rumah subsidi melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada tahun 2019, per 23 Desember 2019 telah mencapai 77.564 unit.

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Eko D Heripoerwanto mengatakan, adapun dana yang telah disalurkan adalah sekitar Rp7,6 miliar.

“Jadi realisasi FLPP lebih besar dari target yang dicanangkan pemerintah. Angka itu melebihi target FLPP pada tahun ini sekitar 68.858 unit” kata Eko.

Eko mengaku masyarakat kini sudah tidak lagi komplain mengenai kualitas rumah subsidi. Dia mengklaim jika program FLPP saat ini sudah jauh lebih baik.

Namun Kementerian PUPR menilai kebijakan dan program kemudahan dan bantuan pembiayaan perumahan yang telah ada dinilai belum menjawab tantangan tingginya kebutuhan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) serta keterjangkauan daya beli MBR terhadap rumah subsidi yang rendah. Tercatat, hingga 2019 terdapat 11 juta rumah tangga yang menghuni rumah tidak layak hun dan rumah tangga muda yang masih belum memiliki rumah.

Baca Juga : 2020 Pemerintah Akan Hapus Skema Subsidi Selisih Bunga karena Bebani APBN

Karena itu, Eko mengatakan saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan keterjangkauan kebutuhan rumah dengan menyiapkan berbagai kebijakan dan program kemudahan dan bantuan pembiayaan perumahan kepada MBR.

Tahun depan, pemerintah akan menyiapkan skema Subsidi Selisih Bunga (SSB) sebesar Rp3,8 miliar yang akan digunakan untuk pembayaran akan tahun sebelumnya dan Subsidi Bantuan Uang Muka Perumahan (SBUM) senilai Rp600 miliar untuk memfasilitasi 150 ribu unit rumah. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo