PT INKA Telah Mengirimkan LRT Jabodebek dari Madiun Menggunakan Truk

image

PropertiNews.id, Tangerang – PT INKA (Persero) telah mulai melakukan pengiriman kereta LRT Jabodebek sejak Selasa lalu. Kereta tersebut diangkut dari pabrik di Madiun, Jawa Timur dan akan disimpan di Depo Sementara LRT Jabodebek yang terletak di Cibubur, tepatnya di Stasiun Harjamukti.

Kereta LRT Jabodebek merupakan kereta LRT kedua yang diproduksi INKA untuk Indonesia. Sebelumnya INKA juga memproduksi kereta LRT untuk LRT Palembang.

Berbeda dengan kereta LRT Palembang, pengiriman LRT Jabodebek dari pusat produksi dilakukan dengan truk Multi-Axle melalui jalur darat. Kapasitas mobil angkut atau Multi-Axle Truck tersebut telah disesuaikan, baik dari tinggi, lebar dan berat beban dari kereta LRT Jabodebek. Hal ini dimaksudkan agar mobil angkut dapat berjalan di beberapa kondisi jalan yang akan dilalui. Sedangkan LRT Palembang dikirim melalui jalur laut menggunakan kapal.

“Kondisi lewat rel yang ada tidak mungkin bisa karena kondisi ukuran rel. Lewat rel yang ada nggak bisa, karena jarak rel ke rel (Rail gauge) LRT 1.345 mm (standart), sedangkan rel existing saat ini yang ada hanya 1.607 mm” kata Direktur Utama PT INKA, Budi Noviatoro.

Baca Juga : Ini Dia Desain Terbaru Stasiun Manggarai yang akan Gantikan Stasiun Gambir

Rangkaian terdiri dari enam kereta dengan perencanaan yang matang. Bekerjasama dengan pengelola jalan tol PT Jasa Marga di sepanjang tol Trans Jawa, estimasi waktu dan antisipasi kepadatan jalan telah diperkirakan secara matang.

Pengiriman kereta diperkirakan akan memakan waktu selama 4 hari. Sementara proses unpacking, coupling dan loading kereta LRT Jabodebek diperkirakan selesai pada 14 Oktober 2019. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo