5 Jenis Kaca yang Umum Digunakan untuk Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kaca merupakan salah satu material yang penting digunakan di rumah atau hunian. Sebuah rumah tentu saja memerlukan sumber pencahayaan alami yang mana bisa dihasilkan jika menggunakan jendela bermaterial kaca. 

Namun memilih jenis kaca yang tepat tentu saja menjadi penting. Mengapa? Dengan memilih kaca yang tepat, Anda bisa menikmati pemandangan dan sinar alami sambil mengontrol UV dan kesilauan. 

Lalu apa saja jenis – jenis kaca yang umum digunakan pada rumah? 

Kaca Bening 

Anda pasti sudah tahu jenis yang pertama ini. Kaca bening atau yang biasa disebut float glass ini tidak memiliki warna dan permukaannya juga bersih serta rata. Kaca bening banyak digunakan untuk bagian interior maupun eksterior rumah. Namun, jika Anda ingin menggunakan kaca ini pada hunian, jangan lupa untuk menambahkan gorden atau tirai karena jenis ini memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Kaca Cermin / One Way 

Kaca cermin atau Reflective Glass adalah kaca yang mengurangi karakter tembus pandang berasal dari tidak benar satu sisi. Kaca type ini terhitung biasa disebut dengan kaca one way, dikarenakan bakal terlihat transparan di satu sisi, namun terlihat layaknya cermin di segi lainnya. Kaca cermin dibuat dengan tambahan lapisan oksida logam, lewat sistem pyrolysis. Kaca ini benar-benar cocok untuk Anda yang inginkan privasi terjaga.

Reflective Glass punya ketahanan kualitas, keindahan untuk jangka lama dikarenakan ketahanan pada perubahan cuaca. Kaca ini memantulkan sinar dan panas, dan juga mengurangi beban energi pendingin ruangan dan juga memberi tambahan penampilan yang mewah dan modern.

Kaca Riben

Penggunaan kaca pada jendela tentu saja harus mempertimbangkan panas yang masuk ke dalam ruangan, jika di dalam ruangan dirasakan panas, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan kaca Riben. Kaca riben adalah sebutan yang diberikan untuk produk kaca tinted di Indonesia oleh masyarakat awam. Kaca tinted atau kaca riben adalah kaca yang dibuat dengan bahan baku yang berbeda dengan kaca polos, sehingga bisa menghasilkan warna warna khusus. Dengan adanya bahan baku yang berbeda, warna yang dihasilkan pun akan berpengaruh untuk menyerap hawa panas sehingga ruangan akan terkesan lebih sejuk. 

Kaca Es

Selain kaca riben, Anda juga bisa memanfaatkan jenis kaca es untuk melindungi rumah dari sinar matahari sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu silau. Kaca es atau disebut juga frosted glass ini memiliki tekstur pada salah satu sisinya dan terlihat buram seperti es. Tekstur pada jenis kaca buram ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai elemen dekorasi. Kaca ini cocok untuk digunakan pada area shower pada kamar mandi juga partisi rumah.

Kaca Tempered 

Kaca tempered punya kebolehan yang benar-benar tinggi, mencapai 3-5 kali lipat berasal dari kaca biasa. Kaca tempered bisa menghindar beban angin, berat, dan tekanan yang lebih tinggi. Kaca ini dibuat dengan memanaskannya, dilanjutkan dengan mendinginkannya secara mendadak. Secara visual, tidak ada yang berbeda dari kaca ini, sehingga tampilannya selalu terjaga. Kaca tempered juga benar-benar aman saat pecah, dikarenakan pecahannya berbentuk bulat dan tumpul. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo