Cegah Maling, Ini Tips Membuat Pagar Rumah agar Tetap Aman!

image

Propertinews.id, Tangerang – Pagar adalah salah satu komponen di rumah yang menjadi alasan sebuah kesan pertama seseorang saat berkunjung atau lewat di depan sebuah rumah. Itulah mengapa membangun sebuah pagar tidak boleh di sepelekan.

Banyak orang menganggap pagar hanya sebagai pembatas rumah dengan luar atau rumah dengan tetangga. Namun, pagar sebenarnya dapat berfugsi lebih dari sekedar pembatas wilayah saja. Sebagai contoh, pagar bisa menciptakan kesan pertama siapapun yan akan masuk ke dalan rumah Anda. Kesan pertama yang bagus juga akan mempengaruhi sikap dan adab seseorang saat memasukki rumah.

Selain itu, pagar juga bisa menjadi alasan banyaknya kriminalitas yang terjadi dialam rumah. Pagar yang kurang aman biasanya menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya di rumah-rumah tertentu. Oleh karena itu, perlu Anda perhatikan bahwa membangun pagar memiliki banyak aspek yang harus dmengerti dan diperhatikan.

Propertinews.id telah merangkum informasi tentang tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat pagar agar bisa berfungsi lebih optimal, dan tetunya mencegah pelaku kkejahatan untukmasuk ke dalam rumah Anda. Simak selengkapnya di sini.

Perhatikan Tinggi Pagar

Memang benar bahwa semakin tinggi pagar maka semakin aman juga sebuah rumah dari ancaman pelaku kejahatan. Namun, pagar yang terlalutinggi bisa membuat halaman rumah terlihat lebih gelap karena sinar matahari terhalang oleh pagar yang tinggi.

Selain itu, nilai estetika sebuah rumah juga tidak bagus dengan pagar yang sangat tinggi. Tinggi pagar yang ideal adalah 170 cm di depan rumah Anda.

Pilih Bahan Pagar yang Berkualitas

Bahan pagar yang Anda pilih juga harus berkualitas, baik itu kayu, beton, ataupun besi, bahan tersebut harus bisa mengamankan rumah Anda. Bahan tersebut haruslah kuat untuk menghalangi angin, meredam suara bising, ataupun menangkal banjir dari luar jika terjadi hujan yang cukup lebat.

Keamanan rumah harus tetap dipelihara, namun tetap ingat bahwa kemanana tidak hanya tentnag maling atau pencuri, tapi juga fenomena alam seperti angin kencang atau banjir yang bersama harus kita cegah dengan memilih material pagar yang berkualitas.

Perhatikan Daya Pandang

Pagar yang tembus pandang bisa memancing banyak orang, khususnya pelaku kejahatan untuk melihat lebi dalam ke dalam rumah Anda. Itulah mengapa visibilitas atau daya pandang sbeuah pagar juga seharusnya dibuat untuk menutupi rumah dari luar. Sehingga Anda juga bisa memiliki privasi dari dalam rumah.

Menjaga privasi dan melindungi diri serta keluarga adalah aspek penting mengapa daya pandang harus diperhatikan saat membuat pagar.

Desain Pagar

Buatlah desain pagar yang estetik namun juga tetap aman untuk digunakan. Anda bisa membuat desain pagar yang hanya bisa dibuka dari dalam, lalu pagar besar di sebelahnya yang bisa dibuka dari kedua arah. Pertimbangkan juga jenis kendaran yang akanmasuk ke dalam rumah sehingga ukuran pagar tidak menjadi masalah.

Dengan begitu, lebih sedikit kemungkinan maling masuk karena pagar kecil hanya bisa dibuka dari dalam dan pagar besar bisa menimbulkan suara yang keras.

Tetap ingat juga untuk menyesuaikan gaya desain pagar dengan eksterior rumah Anda sehingga nilai estetika tetap tercipta dari pagar yang aman.

Itulah dia tips yang bisa Anda ikuti jika ingin membuat atau merenovasi pagar rumah Anda. Ingatlah bahwa pagar yang aman sangatlah penting, namun jangan sampai pagar yang aman membatasi interaksi kita dengan tetangga dan masyarakat setempat. (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo