Fungsi Patung untuk Menunjang Nilai Estetika Desain Rumah

image

Propertinews.id, Tangerang – Desain dalam sebuah rumah menentukan impression orang lain terhadap rumah tersebut. Kesan yang bagus tentunya akan memiliki timbal balik yang bagus juga, bukan hanya dari orang-orang yang melihat, tapi juga dari Anda sebagai pemilik rumah dengan desain yang menawan.

Itulah mengapa banyak orang yang mempertimbangkan secara matang tentang desain yang akan mereka terapkan di rumah, baik itu eksterior maupun interior. Desain eksterior dan interior sebuah rumah dapat ditunjang dengan gaya arsitektur ataupun elemen-elemen yang diletakkan sebagai dekorasi tambahan atau pelengkap.

Ada banyak jenis elemen tambahan yang bisa diletakan di dalam lingkungan rumah Anda. Desain interior misalnya, Anda bisa menambahkan vas bunga, lukisan antik, atau tanaman hias yang sesuai dengan tema desain ruangan. Sementara untuk desain eksterior, Anda bisa menambahan air mancur, semak-semak yang dipangkas, gazebo, dan lampu taman.

Salah satu elemen yang cocok untuk dijadikan pelengkap yang menunjang nilai estetika desain sebuah rumah adalah patung. Sebagai salah satu karya tiga dimensi terbaik, patung memiliki nilai seni yang tinggi. Karya seni pahat ini bisa menjadi pelengkap desain eksterior dan interior yang tepat untuk Anda.

Patung bisa dibentuk dan dipesan sesui dengan keinginan Anda. Sebagai ornamen dekoratif, Anda juga bisa menyesuaikan ukuran patung dengan ukuran ruangan atau luas taman rumah Anda. Karena desainnnya yang bisa menyesuaikan keinginan, patung adalah salah satu karya seni yang tidak membosankan untuk dipandang.

Selain menunjang nilai estetika desain interior dan eksterior, patung juga memiliki fungsi lain sebagai karya seni tiga dimensi. Fungsi-fungsi tersebut juga bisa diterapkan di dalam desain rumah Anda. Berikut fungsi patung yang telah dirangkum Propertinews.id.

Sebagai Monumen

Patung sebagai monumen biasanya dibuat untuk menghormati atau mengenang jasa seseorang sehingga dibuat patungnya agar jasa dan momen yang terjadi bisa selalu diperingati. Monumen juga bisa menjadi pelengkap dalam desain eksterior suatu taman atau menjadi daya tarik sebuah destinasi wisata.

Sebagai Dekorasi

Fungsi dekorasi adalah fungsi yang didiskusikan dalam artikel ini, yaitu sebagai pelengkap di lingkungan eksterior dan interior dengan tujuan untuk menunjang nilai estetikanya. Patung sebagai dekorasi biasanya disesuaikan dengan jenis desain yang diterapkan, apakah klasik, atau modern.

Sebagai Kerajinan

Sebagai kerajinan, patung memenuhi keutuhan pasar untuk tujuan komersil. Selain itu, fungsi kerajinan juga dirasakan oleh pegiat seni pahat sebagai pekerjaan dan hobi yang mereka tekuni.

Sebagai Ornamen Arsitektur

Fungsi patung sebagai ornament arsitektur cukup mirip dengan dekorasi, dimana berfungsi sebagai pelengkap sebuah desain. Namun fungsi arstektur lebih berfungsi pada penyesuaian seni pahat dengan jenis atau tipe desain sebuah rumah atau bangunan.

Sebagai Ornamen Religi

Fungsi yang terakhir adalah fungsi religi. Beberapa agama menggunakan patung dalam proses beribadah serta kepercayaan mereka. Penganut agama tertentu percaya bahwa patung memiliki makna bahkan kesucian tersendiri.

Menempatkan patung religi biasanya dilakuka di dalam rumah sebagai ruang beribadah yang secara tidak langsung juga mendukung nilai estetika sebuah desain interior.

Menggunakan patung sebagai pelengkap desain eksterior dan interior juga bisa meningkatkan value sebuah rumah di masa depan. Membangun dan meletakkan patung di rumah juga bisa menjadi investasi Anda untuk meningkatkan nilai jual rumah. (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo