Ingin Cat Eksterior Rumah Tahan Lama? Simak Tips Ini!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Seperti yang kita ketahui bersama, cat dinding eksterior atau luar rumah memang rentan mengalami kerusakan, kusam atau warna yang memudar. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya perubahan cuaca yang terjadi. 

Warna cat yang kusam serta rusak pada dinding luar rumah tentu saja membuat tampilan rumah tidak menarik untuk dilihat, apalagi jika kedatangan tamu. Namun mengecat ulang dinding luar rumah secara terus menerus juga akan membuat Anda kehilangan banyak dana. 

Untuk itu, perlu bagi Anda mengetahui bagaimana tips membuat warna cat eksterior lebih tahan lama. Penasaran? Simak artikel berikut!

Perbaiki Kerusakan 

Sebelum berencana mengecat rumah, periksa apakah ada kerusakan, misalnya retakan pada dinding atau tembok luar rumah.Retakan kecil saja bisa menyebabkan air masuk ke struktur bangunan dan menyebabkan bercak lembab kehitaman.

Anda bisa menggunakan semen putih dan pasir halus untuk mengisi celah atau retakan pada tembok. Salah satu hal yang membuat cat rumah rusak ketika hujan karena dinding yang lembab, karena rembesan air.

Menggunakan Cat Khusus Eksterior 

Untuk dinding luar rumah, sebaiknya Anda menggunakan cat khusus untuk dinding luar atau eksterior. Cat eksterior sudah dibuat khusus untuk bisa bertahan lebih lama melindungi dinding luar rumah dengan lebih sempurna dari iklim ekstrem, kotoran, dan jamur. 

Campurkan Cat Dinding Eksterior dengan Paint Additive 

Paint additive atau cat aditif berguna memperkuat daya rekat cat dinding luar ruangan sehingga mampu menerima paparan panas dan hujan. Mencampurkan cat dinding eksterior dengan paint additive dapat membuat lapisan cat dinding luar rumah terhindar dari gradasi warna atau pudar.

Pemilihan Warna yang Tepat 

Pemilihan warna merupakan salah satu tahap yang juga cukup penting. Usahakan untuk memilih warna yang cerah untuk tembok atau dinding luar rumah. Warna yang cerah disarankan karena mempunyai pigmen yang lebih sedikit jika dibandingkan cat dinding yang berwarna gelap, sehingga resiko pemudaran cat jauh lebih sedikit jika dibandingkan bila Anda memakai warna cat yang pekat.

 

Selain itu hal ini juga dapat membuat Anda tidak terlalu repot dengan pengecetan ulang dinding yang terlalu sering. Berikut beberapa warna yang kami rekomendasikan untuk Anda gunakan pada dinding luar rumah, yakni warna hijau muda, kuning atau warna putih.  

Hindari Mengecat Saat Mendung 

Ketika mengecat sebaiknya jangan dilakukan saat kondisi cuaca mendung atau habis hujan, agar tidak ada air yang terperangkap di dalam tembok. Selain itu, sebelum mengecat Anda harus membersihkan segala kotoran yang menempel pada tembok, tujuannya agar cat dapat merekat dengan baik.

Jika Anda terpaksa mengecat saat hujan, maka harus Anda biarkan dahulu permukaan mengering dengan sinar matahari setidaknya dua hingga tiga hari agar permukaan benar-benar kering. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo