Ingin Gunakan Woodplank sebagai Material Pagar? Berikut Pertimbangannya!

image

Propertinews.id, Tangerang – Apakah Anda salah satu orang yang senang menggunakan material kayu sebagai material pagar rumah Anda? Material kayu memang dapat memberikan kesan alami dan estetik pada tampilan pagar rumah. Namun, biaya yang mahal dan perawatan yang ekstra seringkali menjadi penghambat masyarakat dalam menggunakan kayu sebagai material pagar. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan Woodplank sebagai material pengganti kayu.

Woodplank merupakan material dengan bahan campuran semen yang memiliki finishing menyerupai kayu. Sama seperti kayu, material ini akan memberikan kesan alami dan estetik pada pagar rumah Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Woodplank sebagai material pagar Anda, berikut ulasan mengenai keunggulan dan kekurangan material Woodplank sebagai bahan pertimbangan Anda!

 

Keunggulan Material Woodplank

Keunggulan pertama dari material Woodplank adalah penampilannya yang memberi kesan natural dan estetik. Material ini memiliki banyak motif dan memiliki tampilan seperti kayu. Anda dapat melapisi Woodplank dengan cat berbahan dasar air untuk memaksimalkan tampilannya. Untuk membuat material ini tahan lama, Anda dapat menggunakan cat yang tahan cuaca.

Woodplank memiliki sifat tahan lama dan tidak mudah terbakar. Berbeda dengan material kayu, Anda tidak perlu takut pagar Anda akan rapuh karena dimakan rayap. Dengan Woodplank, pagar rumah Anda akan tahan lama dan kokoh. Material ini juga tidak menyerap air sehingga terbebas dari lembab. Selain itu, Woodplank juga mudah untuk dibersihkan sehingga tidak akan menimbulkan jamur pada pagar rumah Anda.

Kelebihan lain dari material Woodplank adalah ramah lingkungan karena tidak mengandung asbes yang dapat membahayakan. Meskipun begitu, material ini lebih kuat dibanding dengan material kayu. Dalam proses pemasangannya, material ini juga relatif mudah untuk dirangkai dengan material lain seperti metal dan tidak mudah melengkung atau menyusut akibat pemuaian.

Selain itu, harga dari material Woodplank juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan material kayu. Biaya pemasangan dari material ini juga tergolong murah dibandingkan dengan material lain.

 

Kekurangan Material Woodplank

Setelah mengetahui keunggulan dari Woodplank, Anda juga harus mempertimbangkan kekurangan dari material ini sebelum menggunakannya.

Memiliki bobot yang berat merupakan kekurangan pertama dari material Woodplank. Sehingga Anda harus memastikan terlebih dulu rangka atau desain dari pagar rumah Anda, apakah dapat menopang material ini dengan baik atau tidak. Anda disarankan untuk memakai jasa tukang yang profesional untuk memasang Woodplank sebagai pagar rumah Anda.

Selain memiliki bobot yang berat, material Woodplank juga tidak tahan terhadap benturan. Anda harus menjauhkan material ini dari benturan benda berat maupun benda tajam, karena Woodplank rentan terhadap goresan. Hal tersebut dapat mengganggu penampilan pagar rumah Anda jika Woodplank tergores ataupun terbentur.

Untuk menjaga penampilannya agar tetap memberi kesan yang estetik dan natural, Anda perlu mengecat material ini secara berkala.

 

Penjelasan mengenai kelebihan juga kekurangan dari material Woodplank di atas dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan material Woodplank untuk pagar rumah Anda. Dengan menggunakan material tersebut, penampilan pagar rumah Anda akan terlihat estetik tanpa harus takut akan mengalami korosi maupun kerapuhan akibat rayap. Anda juga tidak perlu khawatir karena biaya Woodplank lebih murah jika dibandingkan dengan material kayu.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan material ini pada pagar rumah Anda? Selamat mempercantik tampilan pagar rumah Anda dengan material Woodplank. Semoga bermanfaat!  (FIY)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo