Ingin Membangun Rumah Dekat Pantai? Ini Tipsnya!

image

Propertinews.id, Tangerang – Daerah pesisir memang menjadi salah satu daerah yang populer dan disukai oleh banyak orang. Suasananya yang sejuk, angin yang berhembus sepoi-sepoi, serta pemandangan alam pantai yang indah tentu menjadi daya tarik yang memikat bukan hanya wisatawan tapi juga masyarakat pada umumnya.

Bukan hanya tertarikuntuk berkunjung, beberapa juga tertarik untuk tinggal di daerah pesisir dan ingin membangun rumah di lokasi yang dekat dengan pantai atau laut. Apakah Anda salah satu di antara mereka yang menginginkan rumah di dekat pantai? Jika iya, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum mulai membangun rumah di lokasi tersebut.

Propertinews.id telah merangkum informasi tentang tips yang bisa membantu Anda untuk membangun rumah di dekat pantai yang nantinya bisa menjadi bangunan yang nyaman untuk Anda dan keluarga. Simak selengkapnya di bawah ini.

Perhatikan Jarak Rumah dengan Laut dan Zona Air

Sebelum membangun rumah di daerah pesisir pantai, pastikan Anda akan membangunnya di lokasi yang aman dari zona banjir atau zona air pasang di kawasan pantai tersebut. Hal ini perlu Anda perhatikan untuk menjamin keamanan properti yang akan Anda taru di rumah, dan tentunya penghuni rumah.

Selain itu, lakukanlah riset terlebih dahulu tenang potensi erosi yang bisa terjadi di kawasan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memperhitungkan apakah properti yang Anda bangun bisa bertahan lama atau tidak di kawasan dekat pantai tersebut.

Gunakan Jasa Arsitek untuk Mempermudah Pembangunan

Setelah memastikan lokasi serta area yang aman dari banjir dan juga erosi, maka langkah selanjutnya adalah menggambar desain rumah yang hendak Anda bangun. Di daerah dekat pantai biasanya jarang dibangun perumahan, itulah mengapa biasanya Anda diharuskan mendesain rumah Anda sendiri dari awal.

Anda bisa menggunakan jasa arsitekuntukmembantu Anda memiliki desain rumah dekat pantai yang nyaman dan tentunya aman untuk Anda. Seorang arsitek bisa membantu Anda untuk bisa menentukan material yang tepat yang akan Anda gunakan sebagai material membangun rumah.

Pilih Desain Tropis

Ketika membangun desain rumah bersama arsitek atau sendiri, Anda juga harus menentukan desain yang tepat untuk rumah di pinggir pantai. Rumah di pinggir pantai nantinya akan terlihat bagus jika dibangun dengan gaya yang tepat.

Gaya tropis sangatlah cocok untuk rumah di dekat pantai. Anda juga bisa menambahkan gazebo, patio, atau deck sebagai bangunan tambahan untuk bagian luar rumah agar mempertegas gaya rumah yang tropis di pesisir pantai.

Bangun Rumah Menghadap ke Pantai

Tips yang satu ini berkaitan dengan estetika dan juga kenyamanan Anda. Rumah yang menghadap pantai tentu bisa memberikan Anda kenyamanan yang berlebih karena pemandangan yang ditawarkan cukup indah untuk dilihat setiap harinya.

Piihlah Material yang Tepat

Ini adalah bagian yang paling penting. Tanahyang ada di daerah pesisir cukup berbeda dengan tanah yang ada di kawasan perumahan lainnya di tengah kota. Gunakan material berbahan terbaik dengan daya tahan yang kuat untuk atap, pintu, dan juga jendela. Semantara untuk semen yang digunakan, pilihlah semen khusus yang tahan akan air asin.

Begitu pula dengan beton dan kayu yang akan Anda gunakan, pilhlah material yang kuat dan tahan air karena lokasi pinggir pantai yang cenderung lembab dan berair, khususnya pada malam hari dan cuaca dingin.

Perlu Anda ingat juga bahwa angin yang berhembus di sekitar pantai lebih kencang dibandingkan lokasi perumahan pada umumnya. Itulaj mengapa Anda harus memiliki material dengan daya tahan yang cukup kuat.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan sebelum memutuskan untuk membangun rumah di dekat pantai. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan keluarga agar bisa membangun hunian yang nyaman dan aman untuk dijadikan tempat tinggal. (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo