Intip 5 Ide Membuat Kebun Sayur Sendiri di Belakang Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Di masa pandemi seperti saat ini, mengharuskan kita untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah. Hal ini tentu saja tak jarang membawa jenuh karena tidak tahu kegiatan apa yang harus dilakukan. Terlebih jika semua pekerjaan telah selesai.

Berkebun menjadi solusi yang tepat untuk mengisi waktu luang Anda selama di rumah saja. Anda bisa membuat kebun sayur sendiri di halaman belakang rumah. Tidak ada salahnya untuk mencoba dari sekarang. Anda bisa memulainya dari tanaman yang mudah seperti misalnya cabai, seledri, daun bawang, lobak, tomat, basil, timun, wortel, atau selada.

Jika Anda bingung kebun sayur sepeti apa yang cocok untuk belakang rumah, berikut ini kami berikan beberapa idenya!

Kebun Sayur dengan Sistem Hidroponik

Selama ini yang kita tahu untuk menanam sayuran dibutuhkan tanah sebagai medianya. Namun dengan kehadiran sistem hidroponik, Anda bisa menyingkirkan tanah. Pada dasarnya, sistem hidroponik ini mengandalkan air, oksigen, dan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. Menurut penelitian, kadar air yang digunakan pada sistem hidroponik ini lebih sedikit dibandingkan bercocok tanam menggunakan media tanah.

Kebun sayur dengan sistem hidroponik ini cocok diterapkan pada daerah yang memiliki keterbatasan air. Beberapa sayuran yang bisa tumbuh dengan sistem hidroponik ini adalah paprika, timun, tomat, dan berbagai sayuran hijau.

Kebun Sayur ala Terasering

Saat Anda pergi liburan bersama keluarga ke daerah pegunungan, apakah Anda melihat hamparan sawah yang bertingkat-tingkat ? Apabila pernah, berarti Anda sudah melihat bentuk dari sistem terasering. Salah satu fungsi dari terasering adalah mencegah tanah longsor. Namun pada inspirasi kebun sayur berikut ini, terasering bisa menjadi elemen dekoratif. Modelnya yang bertingkat ini bisa menjadi pemandangan yang menarik.

Untuk membedakan area tingkatan, anda bisa memberikan pembatas berupa pagar kayu atau bebetuan. Lalu kelompokkanjuga tanaman sayuran berdasarkan warna. Ketika mulai tumbuh subuh, kebun sayur ini dijamin akan semakin cantik.

Kebun Sayur Gantung

Kebun sayur gantung adalah pilihan populer untuk pemilik lahan yang sempit. Anda bisa menggunakan pot, kaleng bekas, atau botol bekas sebagai media tanam. Anda bisa menggantung mereka ke dinding atau mendirikan papan kayu khusus untuk kebun ini. Akan tetapi, ingat bahwa pot-pot ini akan menjadi berat karena tanah dan air, sehingga anda harus pastikan mereka tergantung dengan kuat.

Agar lebih cantik, Anda bisa menggantung mendia tanam dalam susunan yang rapi, atau menggunakan pot-pot artistik. Jika menggunakan barang bekas seperti kaleng atau botol, Anda bisa mendekorasi mereka dengan cat semprot atau akrilik.

Gunakan Kawat untuk Tanaman yang Merambat

Agar tanaman sayur anda lebih rapi, gunakanlah alat bantu kawat. Tanaman Anda akan terlihat cantik dan minimalis. Anda bisa menanam beberapa sayuran yang memiliki daun merambat, seperti timun dan cabai.

Kebun Sayur Mini dalam Satu Pot Besar

Untuk tanaman bumbu dapur yang berukuran kecil, mungkin Anda akan kesulitan untuk merawatnya setiap hari jika dipisah dalam beberapa pot. Sebagai gantinya, cobalah Anda menggunakan sebuah pot besar kemudian tanam bumbu dapur tersebut bersebelahan satu sama lain.

Saat hendak menyiramnya, Anda cukup melakukan sekali saja. Jangan sampai cara merawat tanaman Anda salah, agar mereka tetap hidup. Nah, agar tidak keliru saat hendak memetik dan menggunakannya, anda bisa menggunakan papan nama kecil yang ditancapkan di dekat masing-masing tanaman. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo