Lahan Kecil Tapi Ingin Punya Taman di Depan Rumah? Intip 5 Inspirasinya!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memiliki taman depan rumah yang asri dan hijau adalah hal menarik. Selain bisa mendatangkan udara segar di sekitar rumah, melihat dedaunan yang hijau juga baik untuk mata apalagi bagi orang-orang yang selalu beraktivitas di depan komputer. Namun terkadang ukuran luas tanah di depan rumah yang kecil, membuat sebagian pemilik rumah bingung untuk mendesain taman kecil depan rumah yang asri nan cantik.

Tak usah bingung, karena kami memiliki 5 inspirasi taman minimalis depan rumah yang bisa kamu tiru.

Taman Vertikal Untuk Lahan Berukuran Mini

Taman vertikal bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi keterbatasan lahan. Taman vertikal bisa diaplikasikan dengan tiga cara yaitu menggunakan pot gantung, memanfaatkan dinding kosong di depan rumah, dan membuat tanaman rambat.

Anda bisa meletakkan pot berisi tanaman pada papan kayu maupun menggantung pot di dinding dengan cara zig zag. Pilih ukuran pot yang kecil untuk memaksimalkan taman. Jenis tumbuhan yang bisa anda tanam juga bisa bermacam macam, seperti tumbuhan paku, sirih, daun lipstik, dan lainnya.

Membuat Kolam Mini Dengan Air Terjun

Untuk insiprasi terakhir yang juga bisa anda tiru adalah dengan membuat kolam mini dengan air terjun pada taman anda. Saat ini sudah tersedia air terjun buatan dengan berbagai ukuran dan tingkatan. Pilihlah air terjun yang ukurannya sesuai dengan ukuran kolam, sedangkan ukuran kolam disesuaikan dengan ukuran taman. Sebaiknya, kolam dengan air terjun ini diletakkan di sudut taman. Agar tidak terlihat terlalu ramai dan menutupi pesona air terjun, tanamlah bunga-bunga yang kelopaknya berukuran kecil dalam berbagai warna. Jika memungkinkan, letakkan lampu taman di dekat kolamnya agar air terjun ini tetap menawan di malam hari.

Membuat Taman Bertingkat Minimalis

Selain tiga inspirasi di atas, membuat taman dengan sistem bertingkat juga menjadi hal yang bisa dicontoh. Desain taman bertingkat sesuai untuk rumah dengan lanskap naik turun. Batu berbentuk balok berfungsi sebagai pembatas lahan, sekaligus mencegah erosi. Tambahkan beberapa bunga yang memiiki berbagai warna. Bunga berwarna-warni akan menyegarkan mata setiap kali kita berjalan di jalan setapak di sampingnya. Menggunakan tanaman hijau berjenis duranta yang menutup penuh permukaan taman, juga bisa menjadi pilihan lain.

Taman Dengan Jalan Setapak

Taman tidak melulu harus dipenuhi dengan berbagai bunga. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan hamparan rumput Jepang yang ditambah dengan jalan setapak dari cetakan beton atau batu di tengah-tengah taman. Jika ingin tampilan yang lebih menarik lagi, anda bisa menambahkan batu alam berwarna- warni atau batu dengan motif tertentu.

Taman dengan Miniatur Tanaman

Tanaman di dalam pot bisa membuat taman anda yang sempit bisa terasa lebih luas dan menarik. Pilihlah tanaman yang berukuran mini, dan letakkan pada sebuah pot yang juga berukuran mini. Atau pilihan lainnya anda bisa menambahkan beberapa tanaman mini dengan satu jenis ke dalam satu pot. Miniatur taman ini juga harus diperhatikan secara khusus agar tetap terawat.  (ZH)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo