Mengenal Zen Garden di Rumah dan Manfaatnya

image

Propertinews.id, Tangerang – Memiliki rumah dengan taman yang sejuk dan cantik adalah idaman semua orang. Bagaimana tidak? Kesejukkan yang datang dari tanah, dedaunan tanaman, serta air di dalam sebuah taman memberikan kenyamanan tersedniri bagi siapapun yang bersantai di sana. Kepadatan aktivitas yang dijalani seharian penuh terasa terlepas begitu saja dengan bersantai dan relaksasi di taman yang sejuk.

Berbicara mengenai taman di rumah, pernahkah Anda mendengar istilah taman zen atau zen garden? Zen garden adalah taman dengan konsep khas jepang. Zen garden memiliki elemen-elemen yang didomnasi oleh bebatuan, kerikil, dan beberapa tanaman yang memiliki filosofi zen menurut budaya dan kepercayaan warga Jepang.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kepercayaan serta budaya tersebut juga perlahan mulai tersebar ke seluruh penjuru dunia dan diterapkan oleh para pecinta tanaman. Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang banyak menerapkan konsep zen garden, baik itu di rumah maupun di beberapa fasiilitas atau gedung umum.

Pada dasarnya, zen garden adalah taman kering yang disusun dengan rapih sehingga tidak terkesan kotor dan berantakkan dnegan tanah liat atau tanah merah ynag biasanya ditemukan di banyak taman halaman rumah. Selain mudah perawatannya, zen garden juga memiliki daya tarik visual tersendiri bagi para penggemarnya.

Apa saja elemen yang bisasanya digunakan di zen garden dan apa saja manfaat yang dipercaya bisa didapatkan oleh penghuni rumah yang memiliki zen garden? Propertinews.id telah merangkum informasinya untuk Anda. Simak ulasan lengkapnya di sini.

Elemen Penting yang Harus Ada di Zen Garden

Elemen yang pertama adalah air. Baik berupa kolam, air mancur, atau simbolis di dalam taman batu yang diganti dengan pasir putih, air adalah elemen yang harus ada di zen garden. Budaya yang terkenal di Jepang adalah memiliki kolam yang memiliki arus berkelok-kelok.

Elemen kedua adalah batu dan pasir. Elemen ini memberikan arti seperti ikan-ikan yang sedang melompat di air dan juga pantai atau sungai yang mengalir.

Elemen ketiga adalah tanaman. Terasa hampa rasanya memilki taman tanpa tanaman. Tanaman di zen garden adalah elemen di zen garden yang dipercaya memberikan efek relaksasi kepada penghuninya.

Elemen terakhir yang pasti ada di zen garden adalah tempat duduk. Budaya yang berlaku di Jepang adalah berkumpul bersama keluarga di zen garden dengan nyaman. Itulah mengapa tempat berkumpul ini harus memiliki media yang bisa digunakan sebagai tempat duduk untuk berkumpul bersama sambil menikmati keindahan taman zen.

Manfaat Zen Garden Menurut Budaya Jepang

Manfaat yang pertama adalah relaksasi. Beberap asimbolisme seperti air dengan pasir, pasir dengan pantai, batu dengan ikan, dan arus yang berkelok-kelok adalah bentuk dari media meditasi dengan makna kehidupan untuk meikmati proses tanpa mengutamakan hasil.

Manfaat kedua adalah fleksibilitas. Ya, zen garden sangat fleksibel untuk dibangun atau dibuat di rumah. Lahan sempit yang terbatas juga bisa dimanfaatkan menjadi zen garden dengan simbolisme yang optimal di masing-masing elemennya. Sehingga Anda juga bisa mendapatkan estetika yang indah dari taman zen yang terbatas.

Memiliki zen gardendi rumah Anda pasti menyenangkan bukan? Aanda bisa melakukan meditasi dan relaksasi setiap hari di lingkungan ala Jepang dengan simbolisme yang memberikan rasa optimisme tersendiri bagi Anda untuk memulai hari. Tertarik untuk membuat zen garden Anda sendiri? (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo