Musim Hujan Tiba, Ini 5 Tips Atasi Atap Rumah yang Bocor

image

PropertiNews.idDi musim penghujan seperti saat ini, salah satu masalah yang biasa terjadi di rumah adalah terjadinya kebocoran pada atap rumah. Atap rumah yang bocor, pastilah sangat menganggu dan merepotkan. Selain dapat membuat rumah ‘kebanjiran’, atap bocor secara berkala juga dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur seperti lemari, kursi atau perabotan berbahan kayu lainnya.

Jadi, Anda tidak boleh menyepelekan soal atap bocor karena pengaruhnya pasti akan sangat menjengkelkan. Nah berikut ini kami berikan cara mengatasi atap rumah yang bocor.

Gunakan Water Proofing

Perubahan cuaca setiap tahunnya tentu dapat menyebabkan atap rumah cepat bocor. Untuk itu, Anda harus sering mengecek atap dan tidak lupa mengaplikasikan waterproofing, yang berfungsi untuk menambal kebocoran yang terjadi pada atap rumah agar tidak bermasalah lagi.

Ganti Atap yang Sudah Rapuh

Langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah Anda harus mengecek atap yang terlihat rapuh. Dengan adanya atap yang sudah rapuh, kemungkinan besar akan memicu terjadinya kebocoran pada atap rumah. Sebab atap yang mulai rapuh sangat mudah membuat air menjadi merembes dan pada akhirnya kebocoran bisa terjadi. Lakukanlah penggantian atap yang terlihat rapuh. Mengganti atap rapuh dengan yang baru menjadi solusi terbaik sebelum terjadi kebocoran di kala musim hujan.

Bersihkan Sampah di Atas Atap

Salah satu cara mengatasi atap bocor adalah menjaga kebersihan atap rumah dari sampah. Sampah seperti daun-daun amat sering menjadi penyebab kebocoran. Jika banyak sampah yang menumpuk pada atap atau talang, maka akan menghambat aliran air untuk segera mengalir ke bawah, dan pada akhir meluber ke sela-sela atap.

Periksa dan Perbaiki Area Berdempul

Atap yang sering direparasi terkadang memiliki banyak area berdempul yang sudah ditutup oleh lapisan anti bocor. Dempulan ini memang terbilang tahan air dan dapat bertahan menghadapi cuaca buruk. Namun, seiring berjalannya waktu, dempul atap Anda juga bisa terkikis air, yang nantinya akan membentuk pori-pori kecil dan memudahkan air hujan untuk merembes masuk. Berikan perhatian khusus pada sealant atau area dempul di sepanjang flashing atap. Mengganti dan mendempul ulang beberapa area yang bermasalah juga menjadi solusi tepat dan juga murah.

Perhatikan Kemiringan Atap

Atap rumah biasanya didesain miring agar aliran air hujan dapat lancar turun ke bawah. Karena itu, jika atap rumah Anda agak landai dan datar, maka hal itu dapat menyebabkan kebocoran atap lantaran air hujan melambat dan mampu menggenang di beton. Untuk itu, perhatikan kemiringan atap yang biasanya berkisar antara 30-40 derajat. Tidak cuma itu, kurangi pula sambungan atap karena ini juga berpotensi menyebabkan kebocoran. Jika saat pembangunan hal ini sudah diatur dengan matang, selanjutnya Anda bisa lebih tenang. (ZH)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo