Tips Hemat Membuat Kolam Renang Minimalis di Rumah!

image

Propertinews.id, Tangerang – Kolam renang dapat membantu membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan sejuk. Selain itu, kolam renang di rumah juga dapat membantu untuk mengurangi rasa stress yang Anda rasakan. Bagi Anda yang gemar melakukan olahraga renang, memiliki kolam renang pribadi di rumah tentu akan membuat hidup Anda menjadi lebih efisien. Jika Anda memiliki sisa tanah di halaman rumah, Anda dapat menggunakannya untuk membangun kolam renang sendiri di rumah. Berikut ini tips hemat dalam membuat kolam renang minimalis yang dapat Anda terapkan di rumah.

 

  1. Menentukan Ukuran Kolam Renang

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan sebelum membangun kolam renang di rumah yakni dengan menentukan ukuran dari kolam renang yang akan dibuat. Ukuran kolam renang yang telah ditentukan akan mempengaruhi besar biaya yang akan dikeluarkan. Anda juga perlu menyesuaikan ukuran kolam renang dengan luas lahan yang tersedia. Ukuran kolam renang yang ideal untuk keluarga dengan jumlah 4 orang adalah sekitar 5 meter persegi.

Berdasarkan ukuran lahan yang tersedia, Anda dapat membuat kolam dengan menyisakan satu meter pada ujung kolam untuk digunakan sebagai pijakan. Contohnya saja, jika Anda memiliki lahan seluas 4x8 meter, maka Anda dapat merancang ukuran kolam renang dalam ukuran 3x7 meter. Atau Anda juga bisa menggunakan rasio 2:1 untuk membuat kolam renang yang lebih besar dan juga luas.

  1. Menentukan Kedalaman Kolam

Setelah menentukan ukuran dari kolam renang yang akan dibuat, tips selanjutnya yaitu menentukan kedalaman dari kolam renang yang akan dibuat. Jika Anda memiliki anak kecil dalam keluarga Anda, maka kedalaman kolam yang tepat yaitu sekitar 0,5-1 meter. Anda juga bisa membuat kolam renang dengan dua kedalaman yang berbeda, satu sisi dengan kedalaman untuk anak-anak dan sisi yang lain untuk kedalaman orang dewasa. Anda hanya perlu memberi tanjakan dalam kolam sebagai penanda pembatas kedalaman.

  1. Memilih Sistem Sirkulasi Air Kolam

Anda perlu memilih sistem sirkulasi air kolam pada kolam renang di rumah Anda. Sistem ini berguna agar Anda tidak perlu repot untuk mengisi dan menguras kolam renang. Sistem ini juga akan membantu menjaga kebersihan kolam karena memiliki sistem filter air di dalamnya. Sistem sirkulasi air kolam memiliki dua jenis tipe yaitu skimmer dan overflow. Sistem skimmer cocok untuk kolam renang rumah indoor yang berukuran kecil dengan dinding kolam yang dibuat lebih tinggi dari permukaan air sehingga tidak banyak jumlah air yang keluar. Anda hanya perlu menempatkan skimmer box pada dinding kolam. Dengan begitu sistem ini akan menjaga kebersihan kolam renang pada rumah Anda.

Sementara sistem overflow bekerja dengan menampung air yang tumpah dari dalam kolam ke dalam glutter atau saluran yang dibuat di sekeliling kolam. Air yang ditampung di dalam glutter akan disaring kemudian disalurkan kembali ke dalam kolam. Jika Anda ingin membuat kolam renang minimalis, maka sistem skimmer akan lebih cocok bagi Anda. Selain tidak memerlukan banyak alat, harga sistem skimmer juga lebih murah daripada overflow.

  1. Pilih Pelapis Internal Kolam Renang

Untuk pelapis bagian dalam dari kolam renang rumah, Anda dapat menggunakan material keramik. Penggunaan keramik sebagai pelapis internal kolam renang sangat efisien karena harga keramik dan biaya pemasangannya serta perawatannya lebih terjangkau dibandingkan dengan material lain. Anda hanya perlu memastikan keramik dalam kolam tetap aman dan tidak rusak agar tidak membahayakan pengguna kolam renang di rumah.

 

Dengan mematangkan beberapa tips di atas, Anda dapat membuat kolam renang minimalis di rumah dengan lebih hemat, sesuai dengan biaya yang telah Anda tentukan. Sudah siap untuk membangun kolam renang minimalis pada rumah Anda? Semoga Bermanfaat! (FIY)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo