Tips Membuat Rooftop Garden yang Aman dan Nyaman

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memiliki taman di atap rumah dapat menjadi suatu kesenangan tersendiri, karena tempat ini dapat menjadi ruang berkumpul beristirahat, dan bersantai sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang luas dari atap rumah.

Taman atap atau dikenal juga dengan istilah roof garden adalah model taman yang dibuat di atas atap sebuah bangunan, misalnya rumah atau gedung. Munculnya roof garden adalah bentuk kesadaran orang-orang atas pentingnya lahan hijau. Taman dengan berbagai tumbuhan di dalamnya tentu saja akan menyumbang udara yang bersih dan segar bagi manusia.

Banyak hal yang harus diperhatikan jika Anda akan membuat taman di atap ini. Berikut adalah tips membuat roof garden.

Perhatikan struktur dan konstruksi atap

Kuatnya struktur dan konstruksi atap yang akan digunakn untuk taman merupakan hal penting yang harus diperhatikan.menentukan konstruksi ini tidak bisa sembarangan karena sedikit kesalahan bisa mengakibatkan bahaya. Konstruksi harus kuat menahan berat tanah, tanaman, air yang ada di atasnya, serta manusia.

Bak untuk tanaman

Jika dak beton sudah ada atau sudah terbentuk sempurna, Anda tinggal menyiapkan bak tanaman di bagian tepi-tepi dak beton. Bentuk dan model bak tanaman ini bisa disesuaikan dengan keinginan atau selera Anda sendiri. Pastikan luas bak tanaman ini disesuaikan dengan luas dak beton.

Gunakan waterproffing

Lapisi dak beton dan bak tanaman dengan materialwaterproofing. Material ini nantinya akan berfungsi untuk mencegah merembesnya air dari taman ke dalam ruangan di bawahnya. Selain itu, material ini juga berfungsi untuk melindungi tulang besi pada balok kolom dan lantai dari air yang biasa jadi mengakibatkan besi keropos. Penggunaan waterproofing menjadi bagian penting yang tidak boleh diabaikan dalam membuat roof garden.

Buat instalasi air

Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah bagian instalasi airnya. Tentu saja harus tersedia dua jenis instalasi air, yaitu untuk instalasi air bersih dan kotor. Instalasi air bersih akan digunakan untuk keperluan menyiram tanaman. Sementara untuk instalasi air kotor digunakan untuk pembuangan.

Pasang ijuk atau cocopeat

Memasang ijuk atau cocopeat menjadi bagian penting dalam proses pembuatan taman atap ini. Pasalnya, ijuk atau sejenis seraput kelapa di bagian dasar akan berfungsi sebagai penahan sekaligus penyaring air. Gunakan ijuk dengan ketebelan sekitar 10 cm agar daya saringnya bisa lebih sempurna. (EC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo