Tips Merawat Rumput Sintetis Agar Tetap Awet

image

Propertinews.id, Tangerang – Rumput sintetis adalah tren baru dalam dunia properti dan desain, baik eksterior maupun interior. Penggunaan rumput sintetis mulai banyak digunakan oleh keluarga di rumah karena dianggap lebih praktis dibandingkan dengan rumput alami.

Penggunaan rumput sintetis kini banyak diterapkan baik di dalam maupun di luar rumah. Penerapan di dalam rumah biasanya sebagai taman kecil di dekat air mancur mini atau sebagai bahan pijakan di area tertentu di dalam rumah. Rumput sintetis juga digunakan di tempat umum seperti lapangan futsal.

Tren penggunaan rumput sintetis mulai banyak diminat imasyarakat karena rumput sintetis lebih praktis dibandingkan dengan rumput alami. Rumput alami membutukan perawatan untuk harus selalu disiram secara rutin serta dipangkas dan diawasi mikroorganisme disekitarnya agar tidak menjadi tanaman yang mengganggu aktivitas kita.

Bagaimana dengan rumput sintetis? Dengan sifatnya yang lebih praktis, apakah rumput sintetis juga membutuhkan perawatan khusus? Jawabannya, iya. Walaupun berbahan sintetis dan sangat praktis, rumput sintetis juga membutuhkan perawatan agar tetap bersih, awet, dan tetap terjaga penampilannya. Jika rumput sintetis tidak dirawat dengan baik, maka jika rusak limbahnya akan mencemari lingkungan. Kemudian bagaimana cara merawat rumput sintetis agar tidak cepat rusak? Propertinews.id telah merangkum tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat rumput sintetis. Baca selengkapnya di sini.

Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Metode perawatan yang pertama adalah membersihkannya dengan vacuum cleaner. Membersihkan area rumput sintetis dengan sapu justru akan menyebarkan kotoran dan debu yang ada di serat-serat sapu. Sehingga rumput sintetis justru akan menjadi kotor.

Gunakan vacuum cleaner agar debunya dapat terhisap. Debu bisa berpotensi mengundang penyakit dan akan membuat rumput sintetis terlihat kotor. Oleh karena itu, jangan menunggu hingga debu menumpuk. Bersihkan area yang dipasang rumput sintetis secara rutin.

Bersihkan dengan Detergen

Membersihkan rumput sintetis juga bisa dilakukan lebih ekstra. Jika menyapu dan mengepel lantai adalah satu paket yang banyak dilakukan masyarakat, maka tidak ada salahnya melakukannya pada rumput sintetis. Bukan dengan menyapu dan mengepel, tapi vacuum cleaning dan mengusapnya dengan spons yang sudah direndam di cairan detergen. Jangan terlau basah, kemudian usapkan ke area rumput sintetis.

Bersihkan Spot Tertentu dengan Campuran Air Cuka

Beberapa noda membandel sangat sulit dihilangkan dengan hanya vacuum cleaner atau diusap dengan spons yang lembut. Oleh karena itu, tunggulah hingga noda tersebut kering (jika nodanya basah), kemudian barulah bersihkan dengan menggunakan air yang dicampur dengan cuka untuk meningkatkan asam pada cairan dan membersihkan noda yang membandel. Hati-hati dengan aroma cuka yang bisa mengganggu juga ya.

Rawat Rubber Granules

Rumput sintetis terdiri dari ptongan-potongan bahan yang dikaitkan menjadi satu. Di dasar lapisan rumput sintetis terdapat rubber granules yaitu bahan dari karet yang merekatkan rumput-rumput tersebut. Untuk menjaga rumput yang direkatkan oleh rubber granules, tentunya Anda juga harus memperhatikan rubber granules pada rumput sintetis.

Sisir Rumput

Menyisir tidak hanya akan berpengaruh pada rumput alami, tapi juga rumput sintetis. Rumput sintetis ynag disisir akan terlihat lebih natural dan lebih baru.Visual yang seperti inilah yang diinginkan banyak peminat rumput sintetis.

Hindari Paparan Air

Pemasangan rumput sintetis bisa dilakukan dengan dipaku atau dilem. Jika pemasangannya dilkukan dengan lem, maka Anda harus menjauhkan rumput sintetis dengan air. Karena air yang mengenai lapisan lem bisa membuat lem tidak rekat lagi dan melepas lapisan rumput sintetis Anda. Selain itu air juga berpotensi menumbuhkan jamur di beberapa area. (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo