4 Jenis Lantai yang Cocok untuk Kamar Mandi

image

Propertinews.id, Tangerang – Lantai adalah salah satu komponen paling penting dalam sebuah desain interior. Selain berperan sebagai alas dasar sebuah ruangan, lantai juga bisa berfunsi menunjang kualitas dan nilai sebuah rumah. Oleh karena itu, memilih material lantai harus dipertimbangkan secara matang.

Ada banyak ruangan di rumah. Masing-masing ruangan memiliki fungsi serta peranan yang berbeda-beda. Fungsi ruangan yang berbeda terkadang membuat pemilik rumah membutuhkan jenis material lantai yang berbeda juga.

Lantai di ruang tamu harus memiliki jenis material yang kuat menahan akses banyak orang karena banyak dilewati oleh penghuni rumah maupun tamu. Sementara itu, kamar tidur membutuhkan lantai yang cukup fleksibel tergantung dengan selera masing-masing pemilik kamar agar merasa nyaman.

Kamar mandi adalah ruangan di dalam rumah yang harus dipertimbangkan jenis material lantainya. Sebagai ruangan yang memiliki akses air palling banyak di rumah, kamar mandi harus memiliki lantai yang tahan air dan memiliki daya tahan yang awet. Selain itu, Anda juga harus memastikan perawatannya mudah sehingga lantai kamar mandi Anda tidak mudah licin dan tetap selalu bersih.

Lantai apa saja yang cocok dipasang di kamar mandi? Jenis material apa saja yang direkomendasikan? Propertinewws.id telah merangkum ringkasan lengkap mengenai jenis lantaiyang cocok untuk Anda. Simak ulasan lengkapnya di sini.

Keramik

Keramik adalah salah satu jenis material lantai yang banyak digunakan di banyak rumah di Indonesia, Ada banyak jenis keramik yang biasa digunakan, seperti porselen, tile dan lain-lain. Material yang keras dan halus membuat keramik menjadi alternatif pilihan lantai kamar mandi yang banyak digunakan. Keramik juga bersifat tahan air sehingga cocok untuk kamar mandi dengan paparan air yang banyak setiap harinya.

Meski begitu, permukaan keramik bisa menjadi sanga tlicin jika terkena air. Anda harus selalu berhati-hati di dalam kamar mandi.

Vinyl

Vinyl adalah salah satu material paling fleksibel untuk dipasang dimana saja. Material vinyl tahan air dan memiliki perawatan yang mudah. Oleh karena itu, vinyl cocok juga dipasang di kamar mandi. Bukan hanya itu, vinyl juga merupakan salah satu lantai dengan proses instalasi yang cukup mudah dilakukan oleh pemula. Vinyl juga tidak licin jika terkena air.

Batu Alam

Banyak jenis batu alam yang ada dan bisa digunakan untuk kamar mandi, ada granite, limestone, dan banyak jenis lainnya yang Anda bisa gunakan di kamar mandi. Sifatnya yang tahan air dan tekstrurnya yang unik, membuat batu alam menjadi salah satu jenis lantai favorit banyak orang. Bukan hanya di kamar mandi, Anda juga bisa mengaplikasikan jenis lantai batu alam di luar rumah.

Namun, batu alam bisa menjadi licin seperti keramik. Aanda harus selau ekstra hati-hati. Selain itu, batu alam juga memiliki harga yang cukup mahal di pasaran.

Lantai Polos / Semen

Lantai polos dengan semen disebut juga lantai concrete. Material ini adalah materil dasar yang sudah pasti tahan air dan tidak mudah hancur atau rusak. Anda hanya harus membersihkannya secara teratur agar lantai tidak terlalu licin.

Cork / Gabus

Cork memang merupakan material yang empuk dan mudah rusak jika terkena air. Namun, permukaan yang halus dan coraknya yang natural membuat cork menjadi alternatif beberapa orang.

Siasat yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan proses waterproofing yaitu melapisi lantai cork dengan pelapis anti air. Pastikan mengaplikasikan pelapis secara keseluruhan agar tidak ada air yang rembes dan menciptakan tekstur yang lembab di bawah lantai. (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo