5 Langkah yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengecat Ulang Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Mengecat dinding adalah hal paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mengubah penampilan rumah maupun ruangan. Mengganti warna cat dinding juga bisa membangkitkan mood tersendiri buat seluruh keluarga. Tampilan rumah yang lebih fresh tentunya membuat seluruh penghuninya juga semakin bersemangat menjalani hari.

Urusan mengecat dinding memang bisa dilakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan para tukang, namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa sajakah itu? Berikut rangkumannya!

Tentukan Waktu yang Tepat

Memang sekilas, kegiatan mengecat dinding terlihat sederhana dan siapapun bisa melakukannya sendiri. Namun nyatanya mengecat dinding butuh banyak usaha, waktu, dan juga tenaga. Kebanyakan orang akan lebih memilih untuk mengecat dinding ketika musim panas, karena ini akan membantu cat sehingga bisa lebih cepat kering. Jika demikian, Anda harus mengetahui kapan waktu musim panas itu terjadi. Lakukan proses mengecat dinding rumah, ketika Anda memiliki waktu luang yang cukup karena pastinya proses ini akan membutuhkan waktu seharian bahkan bisa lebih lama. 

Pilih Warna Cat Terbaik

Sebelum memutuskan untuk mengecat ulang rumah, Anda harus menentukan dulu tone seperti apa yang Anda inginkan untuk setiap ruangan yang ada di rumah. Apakah Anda menginginkan ruangan berkesan hangat, cerah, atau bahkan netral dengan penggunaan warna monokrom? Perhatikan juga furnitur yang sudah dimiliki saat ini. Setelah Anda tahu tone yang diinginkan serta aneka furniture yang dimiliki, tentunya akan lebih mudah bagi Anda dalam menentukan warna.

Pakai Primer / Cat Dasar Sebelum Mengecat

Salah satu kesalahan paling umum adalah mengecat tanpa menggunakan cat dasar/ primer/ undercoat terlebih dahulu. Banyak orang mengabaikan pentingnya cat dasar dalam proses pengecatan demi menghemat biaya. Namun, persepsi ini tidaklah benar. Pengaplikasian cat dasar ini sangatlah penting guna membuat cat warna melekat lebih kuat dan tahan lama, serta menonjolkan cat warna yang dipilih.

Gunakan Kuas dan Roll yang Berkualitas

Pilih rol dan kuas cat yang berkualitas, pastikan saat diangkat tidak meninggalkan bulu di permukaan maupun di cat sehingga mempengaruhi hasil akhir pada permukaan dinding yang si cat.

Lakukan Percobaan Sebelum Benar-Benar Mengecat

Mungkin Anda telah membayangkan warna yang Anda inginkan. Akan tetapi, terkadang hasilnya tidak sama persis dengan ekspektasi. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencoba warna tersebut sedikit di satu bagian dinding terlebih dahulu sebelum mengecat seluruhnya. Pertimbangkan juga faktor cahaya, baik alami atau buatan dan coba uji warna tersebut di siang dan malam hari agar anda dapat melihat bagaimana tampilan warna tersebut di berbagai situasi. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo