5 Tips Membuat Kamar Mandi Selalu Terang

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tak hanya pada ruangan-ruangan pada umumnya seperti ruang tamu dan kamar, pencahayaan yang tepat juga dibutuhkan di kamar mandi. Hal ini dikarenakan pencahayaan menjadi salah satu yang mempengaruhi visual sebuah ruangan, termasuk kamar mandi.

Memilih pencahayaan untuk kamar mandi juga dibutuhkan apalagi jika kamar mandi Anda tidak memiliki ventilasi atau sumber cahaya alami. Untuk itu jika Anda ingin kamar mandi terlihat terang, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan!

Memilih Cat Tembok Kamar Mandi dengan Warna Netral 

Jika ingin mengecat ruangan yang gelap, anda pasti berpikiran untuk mengecat ruangan dengan warna putih. Namun jika ruangan tidak memiliki cahaya yang cukup, dinding berwarna putih cenderung akan membuat ruangan terlihat kusam dan datar. 

Pilihan warna netral seperti abu-abu muda atau biru muda justru akan menambah dimensi, kedalaman dan tekstur ruangan. 

Membuat Jendela Palsu 

Pertimbangkan untuk menambahkan elemen agar ruangan terasa seperti memiliki jendela. Dengan menambahkan satu jendela palsu di dinding kosong (dengan cahaya cold tone di belakangnya), maka akan tercipta ilusi jendela dan cahaya yang menyebar. 

Memasang Cermin 

Menggunakan cermin pada dinding atau pintu kamar mandi dapat menyuplai cahaya alami. Namun, penggunaan cermin harus tetap menjaga aspek privasi saat berada di kamar mandi. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan kaca buram. 

Jika terkendala harga untuk pengadaan kaca buram, Anda bisa menggunakan kaca film atau tirai khusus untuk menyamarkan pandangan dari luar. 

Pertimbangkan Wallpaper 

Wallpaper dapat menambah kamar mandi yang terlihat suram agar terlihat lebih cerah. Karena kamar mandi biasanya berukuran lebih kecil, wallpaper bisa menjadi pilihan yang terjangkau. Pilih pola yang menarik, lucu, atau sesuatu dengan elemen logam untuk mencapai hasil ringan namun berkelas. Tentunya wallpaper dapat anda gunakan di area dinding cermin atau toilet bukan di area shower.

Pencahayaan Berlapis 

Jendela membawa pencahayaan horizontal untuk melawan lampu overhead. Tanpa jendela, yang didapatkan hanyalah cahaya vertikal yang tidak menyejukkan mata. 

Dengan memberikan pencahayaan berlapis di sudut-sudut kamar mandi, maka akan mengembalikan pencahayaan alami yang hilang. Pencahayaan berlapis tepat di atas kaca adalah solusi yang bagus untuk kamar mandi kecil. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo