5 Tips Menerapkan Konsep Wabi Sabi pada Desain Interior Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Desain interior wabi sabi adalah filosofi estetika kuno dari Negeri Sakura, Jepang. Filosofi ini melihat keindahan dari penerapan unsur ketidaksempurnaan. Filosofi ini percaya bahwa keindahan justru datang dari detail-detail yang tampak kasar, tidak rapi, atau sederhana, tidak mencolok, dan terabaikan.

Jika Anda berniat untuk mengubah desain interior Anda menjadi konsep wabi sabi, maka ada beberapa tips yang harus Anda terapkan. Apa sajakah itu? Berikut selengkapnya!

Gunakan Material dengan Unsur Alami

Wabi sabi merupakan filosofi desain yang memasukkan unsur-unsur alami ke dalam hunian. Anda bisa menggunakan furniture dari bahan kayu yang masih terlihat sedikit kasar dan belum diselesaikan atau tanpa finishing. Gunakan juga material alami lainnya seperti bamboo, batu bata, marmer, dan elemen lainnya yang dapat memberikan kesan otentik sekaligus rustic. Untuk semakin memaksimalkan wabi sabi, tambahkan juga beberapa tanaman hijau di dalam ruangan.

Singkirkan Barang – Barang Tidak Terpakai

Kesederhanaan juga berarti mengurangi barang – barang seperti furniture atau perabot yang tidak terpakai lagi melalui proses decluttering. Meski mengadopsi prinsip ketidaksempurnaan yang menciptakan kesempurnaan, bukan berarti Anda bisa menumpuk barang-barang yang tidak terpakai atau rusak.

Gunakan Warna – Warna Dasar

Jika memang harus mengecat tembok, pilihlah warna seperti abu-abu, krem, atau putih. Selain membuat rumah tampak lebih luas, warna – warna ini juga bisa meningkatkan ketengangan dari sang pemilik rumah.

Tekankan Gaya Simpel dan Tidak Berlebihan

Konsep wabi sabi pada huian dapat dikatakan sebagai desain minimalis yang paling murni. Jika desain minimalis lainnya biasanya masih kerap memasukkan prinsip desain lain seperti modern, kontemporer, atau mid-century, maka wabi sabi tidak demikian. Wabi sabi percaya bahwa estetika tidak perlu dicapai melalui tampilan yang rumit dan berlebihan. Hal ini terlihat dari penggunaan warna – warna netral, furniture dengan desain yang ultra simple, dan tidak terlalu banyak menggunakan motif garis.

Menambahkan Kerajinan Tangan yang Estetik

Wabi sabi merupakan gaya yang mengutamakan originalitas. Membuat rumah Anda kental dengan unsul asli yang dibuat sendiri. Salah satunya melalyi berbagai barang-barang yang dibuat oleh diri Anda sendiri (DIY). Ada banyak barang-barang di rumah yang bisa dibuat sendiri. Mulai dari meja, kursi, hiasan dinding, hingga karpet rumah. Cita rasa otentik pada rumah Anda merupakan ciri dan Langkah awal dari gaya wabi sabi. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo