AC di Rumah Tidak Dingin ? Ketahui 5 Penyebabnya Berikut Ini!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tahukah Anda bahwa pendingin ruangan seperti Air Conditioner (AC) harus rutin dilakukan perawatan agar suhu yang dihasilkan tetap maksimal ? Unit AC yang jarang dilakukan perawatan tentu akan berkurang kemampuan pendinginannya dan hanya akan membuat penggunaan daya listrik Anda menjadi meningkat.

Selain jarangnya dilakukan perawatan, ternyata ada beberapa penyebab lain mengapa AC di rumah Anda tidak lagi dingin dan hanya mengeluarkan angin saja. Apa sajakah itu ? Berikut selengkapnya!

Freon AC Habis atau Kurang

Penyebab pertama mengapa AC di rumah tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin adalah karena freon habis atau kurang. Freon yang habis atau kurang bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya. Freon AC mengandung zat klorin, hydrogen, dan broming yang bisa membuat AC  menjadi dingin. Namun jika freon kurang dari tekanan standar disarankan untuk membuat pipa dan evaporator AC sehingga menghasilkan gumpalan es.

Kondensor AC yang Kotor

Kondensor terletak di bagian luar AC yang berguna untuk memanaskan gas refrigerant (freon) pada suhu tertentu. Sama dengan filter, jika kondensor kotor, maka ia tidak akan bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal yaitu melakukan proses pendinginan.

Filter yang Jarang Dibersihkan

Filter AC berguna untuk menyaring kotoran yang ada dalam udara AC. Filter yang jarang dibersihkan akan membuat AC tidak lagi dingin. Cara mengatasi AC agar dingin kembali bisa dengan membersihkan sendiri filter indoor minimal seminggu sekali.

Sistem Kelistrikan yang Bermasalah

Sistem kelistrikan pada pendingin udara sangat penting untuk diperhatikan. Apabila instalasi AC dilakukan secara tidak tepat maka otomatis bisa memberikan masalah terhadap kemampuannya mendinginkan udara. Tidak hanya itu saja, sistem kelistrikan yang bermasalah juga bisa mengakibatkan korsleting dan sangat berbahaya untuk digunakan.

Pengaturan Termostat yang Salah

Kesalahan dalam menetapkan suhu AC bisa menganggu kenyamanan Anda saat bekerja atau sekedar bersantai dalam kamar. Misalnya, suhu ruangan Anda 23  derajat Celcius tetapi Anda memasang suhu AC 26 derajat Celcius. Hal ini jelas salah karena AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu ruangan.

Maka dari itu, Anda harus mengatur suhu AC dengan benar. Apabila suhu ruangan 25 derajat Celcius, atur suhu AC di bawah angka tersebut, misal 18 derajat Celcius atau 20 derajat Celcius. Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin adalah dengan mengatur AC melalui remote dengan setting “COOL”. Dengan mengatur suhu AC yang tepat, Anda bisa bekerja dengan produktif di atas meja kerja. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo