Begini Cara Membuat Home Theater Sendiri di Rumah

image

Propertinews.id, Tangerang – Di tengah pandemi seperti sekarang ini, menonton film di bioskop merupakan salah satu kegiatan yang paling dirindukan. Namun apa daya, pandemi memaksa banyak bioskop untuk tutup sementara guna menekan angka penyebaran COVID-19.

Meski sekarang pemerintah sudah melonggarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tapi tetap saja masih banyak orang memutuskan untuk tidak keluar rumah untuk hal-hal yang tidak penting.

Kendati demikian, Anda masih bisa loh meraskaan sensasi nonton bioskop saat di rumah saja. Anda bisa menciptakan home theater  sendiri di rumah. Uniknya, cara ini tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan kreativitas Anda bisa menciptakannya. Lantas, bagaiman acara membuatnya? Simak ulasannya berikut ini.

1.       Memaksimalkan Ruang yang Ada

Anda bisa menciptakan home theater di rumah dnegan cara memaksimalkan ruangan yang ada. Misal di rumah terdapat ruangan yang tak terpakai, Anda bisa mengubahnya menjadi ruang khusus untuk menonton.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kamar tidur tamu atau gudang yang memiliki ruang tertutup sebagai tempat untuk home theater.

2.       Perhatikan Cahaya

Hal yang paling penting untuk membuat home theater di rumah adalah dengan memperhatikan sirkulasi cahaya. Untuk menciptakan home theater di rumah, Anda perlu memiliki ruangan yang tertutup dan minim pencahayaan.

Tujuan dari ruangan gelap ini agar ruangan menonton bisa terlihat lebih maksimal. Usahakan home theater yang Anda ciptakan hanya dilengkapi dengan jendela berukuran kecil. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya distrosi cahaya akibat jendela.

3.       Dinding Kedap Suara

Penggunaan dinding yang kedap akan suara paling baik digunakan untuk menciptakan home theater di rumah. Hal ini bertjuan agar suara film tidak menganggu orang sekitar sehingga kita bisa menonton dengan nyaman.

Cara agar dinding kedap suara cukup mudah, Anda cukup mengurangi perabotan kaca di rumah karena hal tersebut bisa memantulkan suara atau dapat mengganggu suara. Selain itu, pilih warna dinding yang gelap untuk menciptakan suasana gelap khas studio.

4.       Pemasangan Speaker

Tentu hal ini bisa Anda tentukan sesuai kebutuhan. Misal Anda ingin menonton film dengan suara yang menggelegar, tentu Anda membutuhkan speaker atau pengeras suara yang mumpuni agar suara dapat lebih maksimal.

Itulah empat cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan home theater  di rumah. Dengan begitu, Anda bisa merasakan menonton film layaknya di bioskop-bioskop kesayangan Anda. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo