Begini Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Tembok!

image

Propertinews.id, Tangerang – Tembok yang lembab dan berjamur bisa menjadi bagian yang paling tidak nyaman di rumah. Warnanya yang menggelap, baunya yang tidak sedap, serta kotoran yang bisa menimbulkan alergi adalah alasan mengapa tembok berjamur membuat penghuni rumah tidak nyaman. Jangankan bersandar, melihat tumpukan jamur yang menggelapkan warna dinding saja sudah bisa memperburuk mood seseorang.

Namun tahukah Anda mengapa jamur atau lumut bisa tumbuh dan menyebar di tembok rumah Anda? Jamur sendiri bisa tumbuh dan menyebar dari spora yang menyebar melalui udara. Jamur tumbuh di lingkungan yang lebab, hangat dan memiliki sirkulasi udara yang minim atau buruk. Itulah mengapa ruangan yang memiliki akses air atau kelembapan dari air sangat rentan ditumbuhi jamur.

Selain jamur, kotoran yang menyebar di tembok rumah Anda juga bisa jadi adalah lumut. Cara mengetahui apakah kotoran tersebut adalah lumut atau jamur adalah dengan mengusapkan kain yang sudah dibasahi karbol pada bagian yang kotor. Apabila warna tersebut berubah menjadi lebih pudar, maka kotoran tersebut adalah lumut.

Jamur dan lumut yang tumbuh di rumah sangatlah buruk bagi estetika rumah dan juga kesehatan penghuninya. Itulah mengapa sekecil apapun Anda meliat potensi tumbuhnya jamur atau lumut, Anda harus segera mencari tahu cara mengantisipasinya. Bagaimana cara menghilangkan jamur di tembok rumah? Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya tumbuh kembali? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Bersihkan dengan Larutan Karbol

Larutan karbol adalah larutan kimia yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan jamur dan lumut di tembok rumah Anda. Gunakanlah sarung tangan, masker mulut, serta pakaian tertutup untuk menjamin kesehatan dalam melakukan pembersihan dengan peralatan dan bahan tersebut.

Pertama, buatlah larutan karbol yang terdiri dari air:karbol = 3:1. Kemudian Anda semprotkan ke area yang ingin dibersihkan. Setelah disemprotkan, gosok atau sikat tembok Anda dengan sikat berbulu yang cukup kasar untuk hasil yang lebih maksimal.

Bersihkan dengan Cuka

Dengan perlindungan fisik dan pakaian seperti poin sebelumnya, Anda bisa memulai dengan menyemprotkan cuka ke bagian tembok yang kotor atau ditumbuhi jamur. Setelah itu diamkan selama satu jam. Akan lebih baik jika Anda membuka jendela untuk mengurangi bau yang tidak sedap dari cuka. Setelah itu, gosok dengan lap atau sikat, kemudian usap dengan kain lap yang kering. Untuk hasil yang lebih maksimal, dapat dilakukan ulang dari langkah pertama. Anda juga bisa menggunakan larutan baking soda.

Perbaiki Sirkulasi Udara

Jamur bisa tumbuh dengan cepat di ruangan yang lembab. Ruangan yang lembab adalah tanda dari sirkulasi udara yang buruk dalam suatu ruangan. Oleh karena itu, cobalah cek dan perbaiki sirkulasi udara di rumah Anda, agar bisa mencegah jamur dan lumut untuk tumbuh kembali. Cobalah dengan sesederhana membuka jendela di pagi dan sore hari untuk keluar masuknya udara di dalam rumah.

Itu adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan tembok dari jamur dan lumut. Untuk pencegahan, Anda bisa memastikan sirkulasi udara lancar, dan Anda bisa menjaga kebersihan. (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo