Berapa Tinggi Plafon Ideal untuk Buat Interior Rumah Menjadi Cantik?

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tahukah Anda bahwa pemasangan plafon di rumah ternyata harus memiliki ketinggian yang ideal. Selain sirkulasi udara yang mudah untuk berganti, plafon yang ideal juga memberikan dampak estetika yang cantik untuk interior rumah.

Pada iklim tropis seperti di Indonesia, semakin tinggi plafon memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik jadi rumah terasa lebih sejuk dan dingin. Selain itu, jika area dinding yang tinggi dibuat dengan material kaca, matahari dapat masuk ke dalam rumah dengan bebas. Umumnya tinggi plafon rumah yang ideal adalah 2,8 – 3,2 meter. Namun ada pula yang membuat tinggi plafon 4 hingga 7 meter, tetapi Anda bisa menyesuaikan ketinggian plafon sesuai dengan selera atau sesuai dengan kebutuhan seperti tambahan hiasan arsitektur.

Tinggi rendahnya plafon suatu ruangan akan memengaruhi sudut pandang kita akan isi ruangan tersebut. Contoh sederhananya adalah ketika sebuah ruangan dengan plafon yang rendah, kemudian Anda isi dengan berbagai furniture dengan ukuran agak besar, ruangan tersebut pastilah akan terlihat sangat sesak dan penuh. Berbeda halnya bila plafon yang dibuat cukup tinggi, sedangkan furnitur yang Anda gunakan berukuran mini/kecil, ruangan yang Anda miliki akan terlihat kosong dan kurang proporsional.

Untuk rumah dengan lantai bertingkat akan ada perbedaan cara menentukan tinggi plafon rumah ideal. Nah, menentukan tinggi plafon juga bisa berdasarkan struktur bangunan. Rumah bertingkat akan membutuhkan struktur berupa balok dan plat lantai yang dapat membatasi tinggi plafon. Sementara lantai tingkat tidak bisa dibuat terlalu tinggi karena akan berpengaruh pada jumlah anak tangga dan biaya. Umumnya plafon hanya bisa dibuat setinggi plat lantai dengan memunculkan balok yang mungkin mengganggu. Sebaiknya jarak antar lantai minimal 3,2 meter untuk bisa mendapat pafon dengan ketinggian 2,75 meter yang sudah ideal. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo