Cara Merawat Pagar Besi Agar Tetap Awet dan Anti Karat!

image

Propertinews.id, Tangerang – Selain kayu, besi juga merupakan salah satu material pagar rumah yang sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sifat besi yang kuat membuatnya menjadi material andalan untuk melindungi rumah dari luar.

Bukan hanya karena sifatnya yang kuat, pagar besi juga banyak diminati masyarakat untuk melindungi rumah karena pagar besi muncul dengan berbagai macam bentuk, warna, serta variasi yang menarik. Hal ini tentu membuat pagar besi menjadi pilihan yang versatile untuk dijadikan pagar rumah sesuai dengan selera penghuninya.

Meskipun pagar dengan material besi sangatlah populer dan banyak diminati masyarakat, sifat pagar besi juga memiliki kelemahan, besi ataupun stainless akan menjadi material yang rawan karat setelah digunakan selama beberapa waktu. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga lapisan pagar besi di rumah Anda agar tetap awet dan tentunya bebas karat.

Propertinews.id telah merangkum tips paling ampuh yang bisa Anda lakukan untuk merawat pagar besi di rumah Anda. Simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Rajin Membersihkan Pagar Besi

Tips merawat pagar besi yang pertama adalah selalu rajin membersihkannya. Banyak pemilik pagar besi yang terlalu sibuk dan akhirnya membiarkan pagar besi yang ada diluar rumah terkena debu setiap harinya sehingga memicu munculnya karat atau membuat besi menjadi kehitaman.

  1. Membersihkan Pagar Besi dengan Air Sabun Hangat

Salah satu penyebab karat pada pagar besi di rumah adalah akses terhadap air. Tips yang bisa Anda lakukan agar bisa membersihkan pagar dengan air dan tetap awet tanpa karat adalah membersihkannya dengan air sabun yang hangat dan menggosoknya perlahan dengan kain atau sikat pembersih.

  1. Jangan Meletakkan Tanaman Terlalu Dekat dengan Pagar Besi

Salah satu pemicu karat pada pagar besi adalah noda yang tak kunjung dibersihkan. Anda harus mempertimbangkan untuk menaruh tanaman Anda di dekat pagar besi, karena tanaman bisa saja merambat pada pagar dan justru meninggalkan noda yang sulit dibersihkan.

  1. Melapisi Pagar dengan Cat Besi Secara Berkala

Pagar yang dipasang di luar rumah sudah pasti terkena paparan sinar matahari setiap harinya. Bukan hanya itu, air hujan yang deras juga pasti mengenai pagar besi di rumah Anda. Hal ini tentu berpotensi merusak lapisan pagar besi Anda.

Coba lapisi pagar Anda dengan cat besi yang bisa memperbaiki lapisan besi yang rusak terkena matahari dan air hujan.

  1. Jangan Biarkan Karat Terus Menyebar di Pagar Besi

Ketika Anda melihat ada karat yang muncul di pagar besi Anda, maka segeralah bertindak agar karat tidak semakin besar, seperti menggunakan amplas atau bahan sejenis lainnya.

Untuk Anda yang memiliki pagar besi di rumah Anda, lakukan tips ini secara rutin agar pagar besi rumah Anda tetap awet dan selalu terlihat menarik! (GYS)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo