Cara Mudah Membuat Ruangan Kecil Terlihat Luas

image

Propertinews.id, Tangerang – Apakah Anda mengeluh karena ruangan di rumah Anda sempit? Jika Anda tinggal di rumah sendiri, Anda masih mempunyai pilihan untuk membangun rumah Anda agar memiliki ruang yang lebih besar. Namun jika Anda tinggal di apartemen, akan berbeda ceritanya. Tidak mungkin Anda bisa membangun unit apartemen yang Anda tempati.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, Anda masih punya pilihan untuk menyiasati ruangan yang sempit agar terlihat lebih luas. Jangan putus asa karena cara-cara di bawah ini bisa membantu Anda membuat ruangan terlihat lebih luas tanpa pembangunan yang lebih.

Propertinews.id telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah ruangan di kamar atau apartemen Anda agar terlihat lebih luas. Berikut cara-caranya.

Tumbuhkan Vertical Mindset

Vertical mindset adalah pola pikir di mana Anda berpikiran untuk mengembangkan ruangan Anda ke atas dan bukan ke samping. Itu berarti menggunakan ruang atau jarak yang tersedia di atas atau langit-langit ruangan. Kebanyakan dari kita berpikir untuk menambahkan properti di asar lantai tanpa berpikir vertical. Padahal, ada banyak ruang di atas atau langit-langit yang bisa kita gunakan untuk menambahkan aksesoris atau furnitur tambahan yang bisa berguna.

Anda bisa memasang rak atau ruang penyimpanan di atas ruangan. Anda juga bisa memasang gantungan untuk menggantung peralatan-peralatan tertentu. Sehingga ruangan bisa lebih luas karena alat-alat yang disimpan di atas.

Pilih Furnitur yang Efisien

Ini adalah satu cara yang praktis untuk membuat ruangan terlihat lebih luas. Pertama-tama, hindari furnitur yang lebar dan cenderung besar dengan bentuk yang tidak teratur. Bentuk yang tidak simetris hanya akan memakan banyak ruang dan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Kemudian jauhi juga warna gelap. Warna gelap cenderung menyerap cahaya sehingga membuat ruangan terlihat lebih sempit dari sebenarnya. Pilihlah furniture yang efisien dan simetris dengan warna yang cerah agar ruangan terlihat lebih cerah dan luas.

Taruhlah Barang Dengan Pintar

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat kamar atau apartemen Anda terlihat lebih luas dan lengang adalah dengan menghilangkan elemen-elemen yang bersifat menempel dan permanen.

Keterbukaan dari sebuah barang adalah kunci menciptakan sirkulasi udara yang lebih segar. Jadi hilangkanlah barang-barang yang menempel permanen dan berukuran besar.

Selain itu, di manapun Anda membuat sekat atau batas antar ruangan cobalah gunakan gorden atau pintu geser yang bisa dibuka secara kesleuruhan. Dengan ini Anda bisa mendapatkan privasi ketika menginginkannya, tapi juga bisa mendapatkan ruangan yang lebih luas jika Anda membutuhkannya.

Jangan Berlebihan

Tahan diri Anda untuk membeli furnitur rumah lagi dan lagi walaupun terasa bahwa sebaiknya memiliki furnitur yang lebih, Anda mungkin tidak memiliki ruangan yang cukup untuk menempatkannya. Cobalah beli dan taruh furnitur yang Anda butuhkanberdasarkan kebutuhan dan selera Anda sehingga walaupun sedikit, tapi Anda bisa tetap merasa cukup dan nyaman.

Dengan memaksimalkan furnitur yang Anda punya, Anda akan menciptakan jarak atau ruang yang lebih di kamar atau apartemen Anda.

Maksimalkan Furniture Multifungsi

Coba pikirkan berapa banyak Anda bisa menyimpan ruang dengan memasang furnitur yang multi fungsi. Sebagai contoh, Anda bisa memiliki kasur yang berfungsi sebagai lemari atau laci sekaligus. Dengan begitu Anda tidak perlu menambahkan lemari atau laci tambahan ke dalam ruangan. Ada berbagai macam contoh furnitur multifungsi lainnya. Perkembangan teknologi juga mengembangkan banyak jenis furnitur modern yang multifungsi.

Go White!

Jika memungkinkan, cobalah pilih warna putih sebagai warna pilihan untuk tema ruangan Anda. Warna putih atau shade warna yang agak pucat atau pastel bisa membuat ruangan terlihat lebih memiliki sirkulasi udara yang bagus. Hal ini juga bisa mmbuat ruangan terlihat lebih segar. Anda bisa memulai dengan mengecat tembok berwarna putih dan bisa melihat perbedaannya. (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo