Contoh Furnitur Multifungsi untuk Menghemat Ruang di Rumah

image

Propertinews.id, Tangerang – Salah satu permasalahan utama yang sering dialami oleh banyak penghuni rumah, adalah terbatasnya ruangan. Banyak dari kita yang menginginkan furnitur dengan ukuran yang relatif besar untuk ada dalam suatu ruangan. Bukan hanya itu, terkadang kita juga menginginkan adanya elemen-elemen atau aksesoris lain untuk mempercantik suatu ruangan di dalam rumah.

Namun, semua itu biasanya hanya menjadi angan-angan saja, karena kita harus bisa menghemat ruangan agar ruangan di dalam rumah tidak terasa sumpek dan sesak karena terlalu banyak perabotan dalam ruangan.

Biasanya, permasalahan seperti ini terjadi di rumah tipe 21-36 atau unit apartemen tertentu. Namun, sebenarny tidak sulit untukmemiliki berbagai macam furniture yang berbeda dalam satu ruangan dengan ukuran yang terbatas. Salah satu solusi yang banyak direkomendasikan adalah dengan menggunakan perabotan yang bisa berfungsi ganda, atau furnitur multifungsi.

Apa Itu Furnitur Multifungsi?

Furnitur multifungsi adalah perabotan yang memiliki fungsi ganda dalam satu objek saja yang bisa Anda gunakan dan juga manfaatkan untuk ruangan yang memiliki ukuran ruangan yang terbatas. Furnitur multifungsi atau perabotan fungsi ganda in idisebut juga sebagai furnitur serbaguna.

Banyak yang memilih Furnitur multifungsi sebagai alternatif penghematan ruang untuk perabotan rumah, karena furnitur seperti ini dianggap rungkas, praktis, dan juga memiliki daya penyimpanan yang lebih. Bentuk firnitur seperti ini juga biasanya datang dengan bentuk yang bervariasi, disesuaikan dengan tempat yang ada di rumah, seperti dengan cara ditarik, dilipat, atau digeser.

Apa Manfaat Menggunakan Furnitur Multifungsi?

Berikut adalah keuntungan yang bisa Anda rasakan juika menggunakan furnitur multifungsi di dalam rumah.

Pertama, Anda bisa melakukan banyak kegiatan dengan lebih ringkas. Anda tentunya bisa melakukan aktivitas yang berbeda dalam satu jenis furnitur yang sama. Hal ini memungkinkan Anda menghemat energi sehingga pekerjaan Anda bisa selesai dengan lebih praktis.

Kedua, Anda tentunya bisa menghemat ruang. Salah satu tujuan utama menggunakan furnitur multifungsi adala untuk menghemat ruangan agar Anda bisa melakkan berbagai kegiatan yang berbeda dari satu jenis perabotan saja. Konsep seperti inilah yang ditrapkan di perumahan yeng minimalis, yaitu memaksimalkan setiap sudut ruangan agar seluruh furnitur dan juga aksesoris ruangan berfungsi dengan baik dan juga estetik.

Ketiga, furnitur multifungsi biasanya hadir dengan desain yang unik dan juga modern untuk dipasang di rumah Anda. Biasanya, perabotan fungsi ganda ini memiliki fitur hidden storage atau penyimpanan tersembunyi yang bisa menjadi unsur unik yang membuat furnitur Anda terlihat rapi namun tetap stylish.

Inspirasi Desain Furnitur Multifungsi

Berikut adalah contoh inspirasi desain perabotan fungsi ganda yang bisa Anda cari untuk dipasang di dalam ruangan di rumah Anda.

Sofa Bed

Sofa bed adalah salah satu furnitur multifungsi yang bisa Anda gunakan di dalam rumah. Sesuai dengan namanya, sofa bed memiliki fungsi ganda, yakni sebagai sofa dan juga kasur. Biasanya, Anda perlu menarik salah satu penyangga atau menumpuk beberapa bantalan agar furnitur tersebut bisa berubah menjadi sofa ataupun kasur untuk tidur.

Rak atau Laci Tangga

Tangga di dalam rumah memiliki bagian depan yang rata dan kosong. Anda bisa mengubahnya menjadi laci yang bisa ditarik, sehingga setiap anak tangga yang dibangun memiliki ruang penyimpanan di bawahnya yang bisa Anda buka dan tutup dengan hanya menariknya saja. Hal ini juga bisa Anda terapkan di kamar tidur, yakni di kasur yang bisa Anda manfaatkan juga menjadi sebuah lemari penyimpanan tambahan.

Sekat Ruangan

Anda bisa menggunakan berbagai macam furnitur sebagai media penyekat ruangan. Anda bisa menggunakan rak buku, aquarium, bahkan rak tanaman hias sebagai penyekat ruangan. Voila! Anda bisa memanfaatkan 1 objek untuk fungsi yang berbeda dalam satu ruangan.

Itulah dia informasi seputar furnitur multifungsi yang bisa Anda terapkan di rumah Anda masing-masing untuk menghemat ruangan dan membuat kegiatan berjalan dengan lebih praktis. (GYS)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo