Ingin Kamar Kost Anda Terasa Sejuk Tanpa AC? Simak 5 Tips Ini!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Idealnya kamar menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat dan melepas penat. Terlebih buat anak kost, kamar adalah satu-satunya tempat pulang. Lalu bagaimana jika kamar kost terasa panas? Akibatnya mau tidur pun tidak bisa karena tubuh merasa gerah.

Nah, ingin memiliki kamar yang sejuk, tanpa AC? Mengingat saat ini untuk membeli AC yang bagus harganya cukup menguras dana, ditambah budget yang dimiliki anak kost tidak seberapa. Untuk itu, kami berikan 5 trik cerdas untuk Anda yang  ingin menyejukkan kamar kost tanpa menggunakan AC.

Jangan Terlalu Banyak Meletakkan Barang dalam Kamar Kost

Hal ini biasanya terjadi pada kamar kost bulanan atau tahunan yang penghuninya berencana tinggal dalam waktu yang cukup lama. Memenuhi kamar kost dengan barang-barang bisa membuat kamar terlihat sumpek. Semakin banyak barang di kamar, akan lebih banyak pula debu yang menumpuk dan mengganggu kesehatan. Selain sumpek, kamar yang dipenuhi banyak barang juga akan membuat kamar terasa panas karena sirkulasi udara tidak lancar.

Membiarkan Pintu dan Jendela Tetap Terbuka

Setiap ada kesempatan, bukalah pintu dan jendela kamar kost. Udara segar yang mengalir dari luar ke dalam ruangan akan membuat kamar Anda terasa lebih sejuk. Selain itu, angin sepoi-sepoi yang berhembus masuk tidak hanya akan memperbaiki terperatur ruangan, namun juga menghilangkan kelembapan. Sebelum tidur, biasakan membuka jendela selama satu sampai tiga jam sebelum menutupnya kembali. Apabila Anda tinggal di kawasan kost yang aman, menyisakan sedikit ruang pada jendela ketika tidur sangat dianjurkan untuk meminimalisir udara panas.

Menggunakan Kipas Angin

Bila Anda merasa AC terlalu mahal, maka Anda bisa menyiasatinya dengan membeli kipas angin. Kipas angin adalah cara membuat kamar menjadi lebih dingin dan cara yang paling tepat, karena jika suatu saat Anda pindah dari kost-kostan tersebut, kipas anginnya bisa langsung dibawa dan tidak perlu repot-repot melepas AC.

Jika Anda ingin lebih sejuk, Anda bisa memanfaatkan kipas angin dan es. Letakkan es dalam mangkuk besar dan letakkan di depan kipas angin yang berputar, maka Anda akan mendapatkan hembusan angin dingin.

Menggunakan Warna Cerah untuk Tembok

Warna tembok ternyata bisa memberikan pengaruh terhadap kesejukan kamar kost Anda. Kamar kost dengan dinding yang dicar dengan warna gelap biasanya akan terasa lebih sumpek dan panas. Sebaliknya, kamar kost dengan warna dinding yang cerah seperti warna putih, biru muda, dan hijau muda memberikan perasaan sejuk dan tenang bagi penghuninya. Kamar kost pun akan terasa lebih adem.

Ganti Sprei dan Bantal

Jika kamar Anda tidak menggunakan AC dan tidak terdapat ventilasi di dalamnya, maka Anda bisa menyiasati dengan mengganti sprei dan bantal. Pilih sprei yang terbuat dari kain viscose atau katun karena kedua jenis kain ini bisa memberikan rasa adem untuk Anda, Disamping itu, ganti juga bantal lama dengan bantal buckwheat atau kulit ari gandum. Pasalnya, kulit gandum memiliki ruang udara alami. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo