Ini Dia 5 Tips untuk Merawat Dinding Batu Bata Ekspos!

image

Propertinews.id – Kerap menjadi tren dekorasi dinding rumah, batu bata ekspos kini tidak asing lagi digunakan sebagai salah satu material dalam pembangunan rumah. Corak khas alami dari batu bata ini membuatnya menjadi opsi yang tepat untuk menciptakan suasana hunian yang unik dan artistik. Penggunaan material ini untuk dinding rumah juga akan membuat suasana hunian jadi lebih terlihat natural.

 

Source: touqid

 

Batu bata ekspos memiliki bentuk yang rapi karena strukturnya yang padat dan memiliki permukaan yang rata, sehingga tidak perlu lagi diberikan finishing seperti plesteran. Meski begitu, ternyata dinding batu bata ekspos membutuhkan perawatan yang cukup cermat loh! Agar dinding tetap menawan dan tidak mudah rusak, berikut tips untuk merawat dinding batu bata ekspos dengan tepat.

Melapisi Dinding dengan Bahan Coating

Material batu bata ekspos memiliki tekstur yang kasar. Dalam hal ini, Anda perlu melapisi dinding batu bata ekspos menggunakan bahan coating untuk melindungi permukaan dinding serta membuatnya tampil lebih berkilau. Selain itu, melapisi dinding batu bata ekspos dengan bahan coating juga akan melindungi lapisan permukaan dinding dari debu dan kelembapan. Usahakan untuk melapisi dinding batu bata ekspos dengan coating secara rutin agar dinding tahan lama dan tidak mudah rusak.

 

Source: WikiHow
Source: wikihow

 

Gunakan Kuas untuk Membersihkan Dinding

Berbeda dengan bata yang dilapisi acian maupun plester, dinding batu bata ekspos memiliki permukaan yang sangat kasar dan mudah kotor. Partikel seperti debu dan kotoran sangat mudah menempel pada permukaan dinding batu bata ekspos. Untuk mengatasinya, Anda dapat membersihkan dinding secara rutin dengan menggunakan kuas agar debu dan kotoran tidak menumpuk di permukaan bata. Tujuan membersihkan dinding dengan menggunakan kuas adalah supaya permukaan dinding tidak rusak ketika dibersihkan. Dengan begitu, warna pada dinding batu bata ekspos tidak berubah dan tetap berkilau.

 

Source: wikihow

 

Gosok dengan Campuran Air Sari Lemon

Selain rutin membersihkan dinding batu bata ekspos dengan menggunakan kuas, Anda perlu melakukan perawatan harian lainnya. Yaitu dengan menggosok permukaan dinding menggunakan sikat halus dengan air sari lemon. Caranya, Anda dapat menuangkan air sari lemon ke dalam ember yang berisikan air, lalu celupkan sikat dengan bulu halus ke dalamnya dan menggosokkannya pada dinding secara perlahan. Setelahnya, Anda dapat mengeringkannya dengan kain bersih. Usahakan untuk memperhatikan bagian bawah dinding karena debu dan kotoran cenderung menumpuk pada area tersebut.

Pastikan Kondisi Dinding Tetap Kering

Usahakan untuk terus menjaga dinding batu bata ekspos tetap dalam keadaan kering. Hal tersebut dikarenakan air dapat membahayakan kondisi dinding rumah. Dinding yang lembap akan membuat struktur dinding menjadi lapuk dan mudah rubuh. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa dinding batu bata ekspos pada rumah Anda tetap kering agar dinding tetap kokoh dan tahan lama.

Segera Basmi Jamur dan Lumut

Dinding batu bata ekspos rentan terhadap pertumbuhan jamur dan lumut pada permukaannya. Benih jamur dan lumut biasanya diterbangkan oleh angin lalu mendarat di permukaan dinding batu bata ekspos. Jamur dan lumut akan tumbuh jika kondisi dinding kotor dan lembab. Jika Anda menemukan jamur atau lumut pada permukaan dinding rumah Anda, segera basmi dengan menyiramkan air aki untuk melawan jamur dan lumut hingga ke akarnya.

Itulah beberapa 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat dinding batu-bata ekspos pada dinding rumah Anda. Dengan menerapkan kelima tips tersebut, dinding batu bata ekspos Anda dapat terjaga keindahannya serta terhindar dari kerusakan yang membuat dinding menjadi kehilangan kesan naturalnya. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan material ini pada dinding rumah Anda? (FIY)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo