Ini Dia Jenis Kayu yang Tepat untuk Pintu dan Jendela Rumah

image

Propertinews.id, Tangerang – Kayu adalah salah satu material utama yang pasti digunakan di setiap pembangunan rumah. Berbagai macam industri properti bahkan mulai mengembangkan produk berkualitas yang mengunggulkan bahan-bahan kayu yang berkualitas.

Berbicara mengenai kualitas, tidak semua kayu memiliki kualitas serta karakteristik yang sama. Oleh karena itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih kayuyang cocok untuk rumah Anda. Kayu yang digunakan untuk pintu utama, pintu kamar, jendela, ataupun dekorasi juga harus dipertimbangkan karena posisi dan fungsi masing-masing bagian rumah yang berbeda-beda.

Bukan hanya kualitas dan fungsinya, memilih kayu yang tepat juga bisa menyesuaikan karakter dan kepribadian Anda. Berbeda jenis kayunya, berbeda juga cara merawatnya. Itulah mengapa Anda juga harus mengetahui tentang karakter maisng-masing kayu.

Ada banyak sekali jenis kayu yang beredar untuk dijadikan material di rumah. Propertinews.id telah merangkum informasi lengkap tentang jenis-jenis kayu yang paling banyak diminati masyarakat, khususnya untuk penggunaan indoor. Simak selengkapnya di bawah ini.

Kayu Pinus

Jenis kayu yang pertama adalah kayu pinus. Siapa yang tidak tahu pohon pinus? Hutannya yang tersebar di banyak dataran tinggi di Indonesia membuatnya terlihat kokoh dan sangat cocok untuk digunakan sebagai material kayu di rumah Anda.

Kayu pinus bertekstur halus dan tahan terhadap perubahan suhu. Oleh karena itu, kayu pinus tidak mudah menyusut atau mengembang dan rapuh karena suhu yang berubah-ubah. Selain itu, kayu pinus juga berbobot ringan  sehingga memudahkan Anda dan keluarga di dalam rumah untuk membuka dan menutup pintu.

Bambu

Yang unggul dari kayu bambu adalah kemampuannya meredam suara. Namun, bambu mudah pecah dan memudar dalam kondisi suhu yang terlalu lembab

Kayu Jati

Kayu jati adalah salah satu jenis kayu terbaik yang digunakan untuk material rumah atau furnitur. Kayu jati juga merupakan salah satu kayu terkuat sehingga sangat awet saat digunakan. Itulah mengapa kayu jati juga menjadi salah satu kayu yang meilki harga cukup mahal.

Kayu jati juga sangat kokoh sehingga tahan dengan perubahan suhu, serangan rayap, hingga pembusukan. Meski begitu, Anda harus bisa merawat kayu jati dengan baik. Paling tidak Anda harus membersihkan kayu ini tiga kali selama satu bulan.

Kayu Mahoni

Mirip seperti kayu jati, kayu mahoni juga banyak digunakan dalam properti bangunan atau material furnitur. Kayu mahoni banyak digunakan sebagai material perabotan rumah dan bersifat cukup stabil dari segi tekstur, bobot, dan juga kekokohan.

Namun, kayu mahoni bisa menghitam jika berada di suhu yang terlalu lembab. Pastikan Anda tetap menjaga kelembapan ruangan agar sesuai dengan material kayu yang ada di dalam ruangan.

Kayu Merbau

Kayu merbau mengandung minyak alami yang menjauhkan kayu ini dari serangan rayap, sehingga tidak akan mudah rapuh dan keropos. Namun, kayu ini cenderung bertekstur sangat keras sehingga agak sulit untuk mengolahnya atau membentuknya menjadi apa yang Anda inginkan. 

Kayu Kamper

Pintu kamar tidur akanmenjadi sangat bagus jika menggunakan kayu kamper. Mengapa demikian? Karena biasanya ada lebih dari satu kamar di rumah, dan kayu ini memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan kayu jati atau mahoni.

Meski begtu, karakteristik kayu kamper juga tidakkalah berkualitas dnegan kayu jati, yaitu halus, kuat, dan tahan perubahan suhu serta serangan serangga.

Itulah beberapa jenis kayu favorit yang digunakan banyak orang sebagai bahan bangunan, pintu, atau jendela dan perabotan di dalam rumah mereka. Jenis kayu apa yang cocok untuk rumah Anda? (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo