Ini Dia Tips Merawat Lantai Vinyl di Rumah!

image

Propertinews.id, Tangerang Banyaknya inovasi jenis material untuk house flooring atau instalasi lantai di rumah, membuat preferensi masyarakat akan jenis lantai semakin bervariasi. Material lantai yang biasanya ada di rumah Indonesia adalah lantai marmer dan juga keramik atau porselen. Kedua lantai tersebut memiliki permukaan yang licin, dingin, dan juga relatif lebih keras. Namun, kini lantai vinyl juga mulai menjadi salah satu jenis lantai yang disukai banyak orang.

Lantai vinyl sendiri merupakan lantai yang terbuat dari material PVC dengan variasi warna, bentuk, serta instalasi yang bermacam-macam. Berbeda dengan lantai berbahan keramik atau marmer, lantai jenis vinyl ini memiliki permukaan yang cukup empuk dan juga halus. Karena ragam warna nya yang estetik, banyak masyarakat yang menggunakan lantai vinyl untuk mendekorasi ruangan tertentu, seperti kamar tidur, atau ruang kerja.

Berbicara tentang jenis lantai di rumah, Anda juga harus mengetahui bahwa material lantai yang berbeda juga mengharuskan Anda untuk membersihkan lantai dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa material lantai tidak tahan air, namun beberapa di antaranya tahan air, bahkan goresan. Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan lantai keramik dan marmer tentu bisa mempengaruhi cara membersihkan lantai vinyl di rumahnya.

Agar tidak keliru, PropertiNews.id memberikan uraian singkat tentang tips ampuh merawat dan membersihkan lantai vinyl di dalam rumah agar tetap terlihat bersih, estetik, dan tentunya awet untuk jangka waktu yang lama.

Tips yang pertama, perlu Anda ketahui bahwa lantai vinyl terbuat dari bahan yang tahan air, tapi tidak tahan noda. Anda perlu mencuci kaki Anda terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan dengan lantai vinyl. Penggunaan keset di pintu masuk ruangan juga bisa membantu Anda membersihkan kaki.

Kedua, Anda harus rajin membersihkan lantai vinyl setiap hari, paling tidak menyapu dan membersihkan debunya dengan vacuum cleaner. Terlalu banyak noda yang tertinggal di lantai bisa membuat warna lantai vinyl Anda menguning atau bahkan menggelap.

Lalu bagaimana cara mebersihkan lantai vinyl yang tepat? Mudah sekali! Selain menyapu dan membersihkan debunya, Anda hanya perlu mengepel lantai dan lekas mengeringkannya. Mengapa demkian? Hal ini karena lantai Vinyl tidak akan bertahan lama jika terlalu sering terkena air atau berada di permukaan yang lembab.

Bahan yang bisa Anda pakai sebagai larutan pembersih lantai adalah larutan detergen yang dicampur dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan larutan cuka dan bubuk baking soda sebagai alternatif larutan pembersih vinyl.

Ketiga, Anda bisa memberi karpet di atas lantai yang sering dilalui atau diakses oleh kaki dan barang-barang tertentu. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya goresan atau kotoran yang semakin menumpuk.

Menjaga kebersihan dan merawatnya dengan tindakan yang tepat adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat lantai vinyl di rumah agar tidak mudah kotor atau rusak. Selalu kunjungi PropertiNews.id untuk informasi menarik lainnya. Kami selalu menyediakan rekomendasi, berita, serta informasi terbaik tentang dunia properti di Indonesia.  (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo