Jangan Pasang Sembarangan, Intip 5 Penempatan AC yang Ideal di Kamar Anda!

image

Propertinews.id, Tangerang – AC atau air conditioner kini menjadi alat penyejuk yang banyak digunakan di hampir setiap ruangan dalam rumah, khususnya tempat tidur yang menjadi tempat peristirahatan Anda setelah lelah beraktivitas.

Sebagai tempat beritirahat yang lebih privat dalam rumah, tentunya kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin. Penggunaan AC menjadi salah satu caranya. Namun dalam memasang AC Anda tidak boleh asal-asalan dan jangan sampai AC justru menjadi pemicu terganggunya kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya itu, Anda juga harus tahu beberapa bagian dari AC yang juga bisa mengalami gangguan dan jadi lebih cepat rusak.

Lalu, seperti apa pemasangan AC yang benar? Simak tips-tips di bawah ini!

Jangan pasang AC dekat dengan plafon

Ketika memasang AC, berilah jarak antara plafon dengan AC yang ingin dipasang, jarak idealnya yaitu 15 cm. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaan AC, karena AC bekerja dengan mengambil udara yang terdapat di atasnya lalu diproses menjadi angin yang sejuk dan bersih. Selain itu, AC yang dekat dengan plafon juga dapat menghambat proses keluarnya angin, sehingga AC membutuhkan waktu yang lama untuk mendinginkan ruangan.

Jangan pasang AC tepat di bagian kepala ranjang

Sebelum memasang AC, sebaiknya Anda perhatikan posisi pemasangan dengan memperhatikan posisi keluarnya angin. Sebaiknya, jangan pasang AC tepat di bawah bagian kepala ranjang atupun menghadap tempat tidur. Posisi idealnya yaitu Anda bisa memasang AC di samping kiri atau kanan tempat tidur, hal ini untuk mencegah Anda berhadapan langsung dengan AC, karena bisa mengakibatkan gangguan saluran pernapasan dan gangguan kesehatan lainnya.

Perhatikan jalur pembuangan air

Anda juga harus memperhatikan jalur pembuangan air AC, karena jika tidak dipasang dengan benar akan mengakibatkan AC bocor. Hal ini tentunya membuat Anda tidak nyaman karena air yang keluar dari AC secara tiba-tiba atau terganggu dengan suara air AC yang menetes ke ember.

Posisi ideal AC

Dalam pemasangannya, posisi AC yang ideal yaitu berada di tempat yang tidak menghalangi jalur keluar masuknya udara, hal ini untuk mengantisipasi adanya kuman yang menyebar di ruangan kamar Anda. Selain itu, sebaiknya tidak meletakkan AC di atas benda-benda elektronik dan sumber listrik. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran AC dan konsleting.

Perhatikan jarak AC dengan lantai

Jarak yang ideal antara AC dengan lantai yaitu 2,5m. hal ini untuk menghindari udara AC yang langsung mengenai tubuh, baik ketika duduk, berdiri, maupun tidur, karena dapat menyebabkan kulit mudah kering dan keriput. Jarak yang ideal juga membantu angin AC untuk menyebar lebih mudah ke seluruh ruangan.

Itulah 5 tips posisi pemasangan AC yang benar agar Anda semakin nyaman ketika berada di kamar dan kesehatan Anda pun tidak terganggu. (DRZ)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo