Jangan Salah! Ini Beberapa Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan pada Kamar Bayi

image

PropertiNews.id, Tangerang - Merawat buah hati menjadi dambaan bagi semua ibu. Karenanya wajar jika banyak yang harus dipersiapkan serta diperhatikan dalam menyambut kehadirannya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kamar bayi.

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga butuh kamar yang nyaman. Karena ruang tidur bayi juga berpengaruh pada kualitas tidurnya.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan pada desain kamar bayi.

Ranjang Bayi

Hal yang bisa menjadi perhatian utama dalam mempersiapkan kamar anak adalah ranjang tidurnya. Sebaiknya pilihlah ranjang bayi yang memiliki terali pengaman untuk mencegah sikecil keluar atau jatuh dari tempat tidurnya. Posisi dari ranjang bayi juga menjadi hal penting. Sebaiknya, jangan meletakkan ranjang bayi pada pojok ruangan, karena bayi butuh sirkulasi udara yang baik. Jangan juga meletakkan ranjang bayi di dekat jendela, karena akan berbahaya jika si kecil sudah mulai bisa memanjat keluar ranjang.

Penyimpanan Perlengkapan Bayi

Mengurus bayi membutuhkan sarana penunjang yang praktis. Untuk memaksimalkan ruangan, anda bisa menggunakan lemari dengan banyak laci atau mendesain lemari dinding yang mencapai langit – langit kamar. Selain berfungsi menyimpan baju si kecil, lemari dengan banyak laci juga bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan mainanya. Ruangan kamar anak anda akan terlihat lebih luas karena tidak memerlukan banyak tempat untuk penyimpanan.

Pilih Material Dinding dan Lantai yang Tidak Berbahaya

Memilih material dinding dan lantai yang tidak berbahaya bagi si kecil merupakan sebuah keharusan. Apabila anda ingin menggunakan cat dinding, sebaiknya pilihlah cat yang tidak mengandung zat-zat kimia yang bisa berbahaya bagi bayi. Untuk lantai, anda bisa menggunakan material yang tidak terlalu keras seperti vinil atau kayu parket.

Tambahkan Furniture yang Nyaman

Sebagai orang tua, anda juga selalu perlu menjaga kondisi fisik selama merawat bayi. Selain mengisi ruangan si kecil dengan perlengkapannya, anda juga perlu memasukkan furnitur yang membuat nyaman selama menyusui. Kursi untuk menyusui menjadi salah satu furniture yang bisa ditambahkan kedalam kamar tidur si kecil. Dalam memilih kursi, pilihlah model yang berlengan dengan bantalan yang empuk dan sandaran yang tidak membuat lelah. Selain itu, kursi juga dapat menjadi dekorasi kamar bayi yang cantik jika dipilih secara tepat. Anda juga dapat menempatkan pillow floor atau ottoman untuk meluruskan kaki ketika sedang menyusui.

Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan yang cukup juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan pada kamar bayi. Di dalam kamar bayi paling tidak menggunakan 2 jenis pencahayaan. Pencahayaan yang redup untuk menidurkan bayi dan pencahayaan yang lebih terang untuk keseluruhan kamar. Anda bisa mengusahakan kamar bayi mendapatkan cahaya langsung dari matahari, dengan menggunakan jendela yang menghadap langsung ke luar. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo