Jenis Ventilasi Rumah untuk Sirkulasi Udara yang Lancar

image

Propertinews.id, Tangerang – Sirkulasi udara adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah rumah. Rumah yang memiliki sistem sirkulasi udara yang baik pasti akan terasa lebih nyaman. Bagaimana tidak? Rumah adalah bangunan tertutup yang terdiri dari beberapa ruangan yang juga diisi dengan berbagai macam perabotan rumah tangga. Sirkulasi udara yang buruk tentu bisa membuat rumah terasa sumpek dan tidak nyaman.

Untuk memiliki sirkulasi udara yang baik, sebuah rumah harus dilengkapi dengan ventilasi udara. Ventilasi udara adalah ruang atau lubang yang dibangun di bagian tertentu di dalam rumah sebagai jalan keluar masuknya udara sehingga rumah tidak terasa sumpek.

Ventilasi udara tidak hanya berperan dalam jalan keluar masuknyaudara untuk kesejukkan di dalam rumah. Kesehatan tubuh serta timbulnya penyakit di dalam rumah juga bisa dipengaruhi oleh ventilasi udara atau kualitas sirkulasi udara di dalam rumah. Sirkulasi udara yang buruk bisa berpotensi menimbulkan banyak penyakit, seperti penyakit kulit, flu, demam, hingga beragai bentuk alergi.

Itulah mengapa Anda harus bisa mengetahui jenis-jenis ventilasi di dalam rumah, agar Anda bisa memiliki preferensi tersendiri untuk ventilasi di rumah Anda. Ventilasi memeiliki jenis yang berbeda-beda, apa saja jenis ventilasi yang bisa Anda terapkan di rumah? Propertinews.id telah merangkum informasinya untuk Anda. Simak selengkapnya di sini.

Ventilasi Boven

Ventilasi jenis boven adalah salah satu jenis ventilasi yang banyak diaplikasikan di rumah masyarakat Asia, khususnya Indonesia. Baik perumahan tradisional maupun modern, jenis ventilasi boven ini ccok untuk diaplikasikan.

Ventilasiboven ini berbentuk seperti batu bata atau ukiran kayu. Biasanya dijual dalam beragam macambentuk, ada yang menyatu dengan pintu atau jendela, ada juga yang dijual terpisah unytuk ukuran tertentu.

Ventilasi Jalusi

Ventlasi jalusi adalah ventilasi yang memiliki ruas-ruas horizontal yang biasanya terbuat dari kayu atau alumunium. Desainnya yang sederhana membuat ventilasi jalusi banyak diaplikasikan di rumah-rumah modern dan minimalis.

Ventilasi Kaca Nako

Ventilasi kaca nako ini banyak digunakan sebagai mode jendela  di perumahan model lama. Namun, desainnya yang praktis membuat kaca ini digunakan sebagai ventilasi udara.

Ukurannya yang bisa disesuaikan dengan ukuran rumah, serta konsep yang melekat dengan alam membuat kaca nako banyak digunakan di rumah minimalis dengan ventilasi yang dibuat modern.

Ventilasi Loster

Biasanya loster digunakan di bangunan-bangunan khusus yang dibangun dengan tema Maroko atau Timur Tengah. Desain serta ukiran lubang yang unik di loster membuat banyak orang menggunakannya sebagai ventilasi tambahan yang dipasang di dinding.

Ventilasi Pembuangan

Selain ventilasi yang dipaang manual, ada juga ventilasi mekanik yang dibangun dengan teknologi.Ventilasi ini dibuat untuk menghisap udara kotor yang ada di dalam rumah. Salah satunya adalah ventilasi pembuangan.

Ventilasi pembuangan berfungsi menyedot udara dari dalam ke luar ruangan. Ventilasi ini biasanya digunakan di dalam ruangan yang tidak memiliki ventilasi sama sekali, seperti kamar mandi misalnya.

Ventilasi Dinding

Ventilasi dinsing ini bisa digunakan di ruangan tertutup dan terbuka. Berbeda dengan ventilasi pembuangan, ventilasi dinding ini bisa membuang udara dan mengalirkan udara dari luar masuk ke dalam dengan melalui proses penyaringan terlebih dahulu.

Itulah dia jenis-jenis ventilasi udara yang isa menjadi inspirasi Anda di rumah. Sehingga rumah Anda bisa memiliki kualitas sirkulasi udara yang baik dan terhindar dari penyakit. 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo