Karpet Anda Bau? Ini Cara Menjaga Karpet Anda Tetap Segar!

image

Propertinews.id, Tangerang – Jika Anda memiliki karpet di rumah, baik itu sebagai aksesoris atau karpet sebagai alas inti lantai ruangan, pasti Anda pernah mengalami kondisi dimana karpet Anda berbau tidak sedap. Biasanya, karpet berbau tidak sedap karena diakses dengan lalu lintas penghuni yang tinggi atau pembersih yang kurang tepat untuk bahan karpet Anda. Jika Anda belum pernah mengalaminya, Anda cukup beruntung!

Ruangan yang paling bagus sekalipun, bisa memiliki kesan yang buruk karena bau yang tidak sedap dari sebuah karpet. Ada beberapa penyebab atau faktor yang membuat karpet mengeluarkan bau yang tidak sedap, seperti tingkat kelembapan yang tinggi karena cairan yang tumpah atau keringat di kaki yang mengenai permukaan karpet. Cairan yang terkena karpet bisa memicu tumbuhnya jamur yang mengeluarkan bau tidak sedap.

Cara atau metode yang Anda gunakan untuk membersihkan karpet Anda juga berpengaruh kepada bau karpet. Jika Anda menggunakan zat kimia yang salah, menggunakan terlalu banyak air, atau menggunakan alat kebersihan yang kotor, resiko bau yang muncul bahkan akan lebih tinggi. Inilah mengapa pemilik rumah atau apartemen harus belajar dan mengetahui cara menghilangkan bau dari karpet dengan cara yang benar. Propertinews.id telah merangkum Langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menjaga karpet lantai Anda tetap berbau segar dan tidak mengeluarkan bau tidak sedap. Simak ulasan lengkapnya di sini.

Mulai dari Permukaan Karpet

Sangat penting untuk digarisbawahi bahwa ada dua jenis bau karpet yang berbeda. Yang pertama adalah bau dari permukaan karpet yang muncul karena ada cairan yang tumpah ke karpet. Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk jenis ini adalah dengan menggunakan baking soda. Tepung multifungsi ini ternyata adalah solusi yang sangat baik untuk menghilangkan bau karpet.

Cukup taburkan baking soda ke area yang bau, dan ratakan ke permukaannya dengan menggunakan sapu. Semakin banyak dan lama baking soda yang diberikan, maka akan semakin efektif. Jika Anda ingin menghilangkan baking soda saat sudah selesai, maka sapulah bagian atas dari karpet Anda dan bersihkan lagi dengan penyedot debu agar hasil lebih bersih.

Ekstraksi Bau yang Lebih Dalam

Jika Anda menemukan  bahwa faktor penyebab bau tidak sedap karpet Anda adalah cairan yang sulit untuk dihilangkan  baunya, Anda harus mencampurkan cuka dengan sejumlah air larutan pembersih karpet. Hal ini bisa berupa detergen yang biasa Anda gunakan untuk mencuci karpet. Anda harus menggunaka steamer untuk ini dan menggunakannya bersamaan.

Jika ternyata bauunya berhubungan dengan perkembangan jamur, maka solusinya adalah membersihkannya ke profresional agar bisa diberikan tindakan pencegahan lebih lanjut.

Temukan Pembersih Karpet yang Tepat

Ada banyak sekali jenis pembersih karpet. Baik itu detergen bubuk ataupun cair, produk-produk konvensional banyak dikembangkan untuk membersihkan kain yang tebal dan besar seperti selimut atau karpet. Meskipun begitu, karena pembersih karpet itu beragam, ada banyak orang yang justru membuat karpetnya semakin bau karena menggunakan pembersih karpet yang salah atau kurang cocok dengan bahan karpet Anda.

Untuk instalasi di rumah, karpet memiliki banyak bahan yang tentu saja memiliki tindakan perawatan yang berbeda. Wool, nilon, atau acrylic tentu memiliki sifat dan perawatan yang berbeda. Oleh karena itu, lihatlah spesifikasi dari bahan karpet dan pembersih karpet sebelum menggunakan.

Cairan pembersih yang tepat akan membersihkan bukan hanya bau tapi juga kotoran, bakteri, atau bahkan zat alergi yang bisa saja menular ke orang yang sensitive terhadap zat tersebut. (GYS) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo