Karpet Anda Bernoda? Ini 5 Bahan Alami yang Bisa Bersihkan Karpet!

Propertinews.id, Tangerang – Banyak orang yang menggunakan karpet sebagai pilihan untuk menambah kesan indah pada dekorasi interior rumahnya. Namun, karpet juga harus rutin dibersihkan apalagi jika sudah terkena noda. Jika tidak dibersihkan, karpet akan kehilangan keindahannya, serta akan menjadi sumber penyakit di rumah Anda.

Nah, tahukah Anda bahwa beberapa bahan alami bisa digunakan untuk membersihkan karpet yang terkena noda. Apa sajakah itu? Berikut kami berikan selengkapnya untuk Anda!

Baking Soda atau Soda Kue

Noda berminyak pada karpet dapat dihilangkan dengan taburan baking soda atau soda kue yang dioleskan. Biarkan soda kue selama setidaknya 6 jam, lalu vakum. Hilangkan residu dengan kain yang telah dibasahi dengan alkohol.

Cuka

Sediakan ember, kuas, dan cuka putih. Cuka dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan lender dan noda. Cara membersihkannya yakni dengan mengisi ember dengan air hangat dan ¼ cuka putih. Kemudian semprotkan cairan tersebut ke noda di karpet. Tunggu beberapa menit, setelah itu gosok perlahan hingga kotoran tersebut hilang. Jangan lupa keringkan agar tidak menimbulkan bau.

Es Batu

Gumpalan permen karet yang membeki dan lilin cair yang mengotori permukaan karpet membuat gumpalan lengket sulit untuk dibersihkan. Namun dengan menggunakan es batu, kesulitan tersebut tak lagi dirasakan. Pertama, kupas dan kikis perhalan permen karet atau lilin sebanyak mungkin. Kemudian masukkan es batu ke plastik dan tempatkan di atas noda lengket tersebut.

Minyak Lavender dan Garam

Bahan yang harus Anda siapkan adalah air panas, cuka, minyak lavender, dan garam. Campurkan semua bahan tersebut lalu masukkan ke dalam botol. Untuk menghilangkan kotoran sebaiknya gunakan sikat.

Tepung Jagung

Ketika ada tumpahan yang besar mengenai permukaan karpet, serap kelebihan cairan, kemudian oleskan tepung jagung atau maizena ke seluruh noda. Setelah tepung jagung menyerap cairan, kerok bubuk dan vakum area tersebut. (ZH) 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo