Mau Rumah Sejuk Tanpa AC? Ini Tipsnya!

image

Propertinews.id, Tangerang – Untuk membuat suhu di dalam rumah terasa sejuk, meski di luar sedang panas terik, tak jarang penggunaan air conditioner (AC) jadi pilihan banyak orang saat berada di dalam rumah. Tahukah Anda jika penggunaan AC dengan intensitas tinggi tentu akan berpengaruh kepada beban biaya listrik yang ditanggung tiap bulan. Bahkan, banyak orang berpendapat bawa AC bukanlah sesuatu yang bagus untuk ruangan dan jauh dari kata natural.

Menggunakan AC di dalam rumah tentu menjadi suatu hal yang cukup praktis untuk membuat rumah lebih sejuk. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruangan di dalam rumah menjadi sejuk tanpa menggunakan AC. Bagaimana caranya?

Gunakan Ventilasi Silang

Ventilasi silang merupakan salah satu trik arsitektural yang umum diaplikasikan untuk membuat rumah terhindar dari suhu panas. Bentuk ventilasi ini bisa berupa pintu, lubang pada pintu bagian atas, dan jendela. Letaknya tidak harus berada pada dinding, tapi juga bisa diletakkan pada bagian atas rumah. Dengan adanya ventilasi silang ini, rumah akan sejuk dan juga udara yang keluar dan masuk ruangan akan lancar.  Cara ini banyak digunakan untuk rumah-rumah di area dengan halaman yang luas.

Gunakan Plafon Tinggi

Dari rangka atap, udara panas akan diteruskan ke plafon lalu mengalir ke dalam setiap ruangan di rumah. Maka dari itu, kehadiran plafon bisa menjadi alternatif dalam menghadirkan nuansa sejuk tanpa AC di dalam rumah. Namun saat berencana membuat plafon tinggi di rumah, harus diusahakan ada airflow yang baik dan memadai. Misalnya jendela dari sisi samping, depan maupun belakang ruangan. Jarak antar jendela pun sebaiknya tidak lebih dari 6 meter. 

Hadirkan Tanaman Di Dalam Rumah 

Salah satu cara simple lain yang bisa membuat udara di ruangan sejuk tanpa mengeluarkan modal yang cukup banyak, yaitu menempatkan tanaman hijau di beberapa sudut ruangan rumah. Tanaman yang dimaksud beraneka ragam, bisa bonsai, bunga, atau tanaman merambat yang cocok untuk dipasang pada dinding dengan tambahan pot. Menempatkan tanaman di dalam ruangan bisa membantu untuk menghasilkan oksigen yang cukup, sehingga bisa membuat ruangan terasa sejuk.

Nah itulah beberapa cara mudah untuk membuat rumah sejuk tanpa harus menggunakan AC. Semoga bermanfaat. (AN)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo