Memanfaatkan Natural Light untuk Pencahayaan di Rumah

image

Propertinews.id, Tangerang – Natural light atau pencahayaan alami adalah salah satu hal yang banyak dilupakan oleh masyarakat masa kini. Berkembangnya teknologi serta inovasi hunian membuat banyak rumah memiliki pencahayaan yang minim dan hanya mengandalkan sumber pencahayaan listrik dari lampu-lampu di rumah.

Padahal, pencahayaan yang alami dari sinar matahari bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi rumah ataupun ruangan. Ruangan bisa terlihat lebih luas dan besar karena pencahayaan alami dari matahari. Sinar yang masuk ke dalam ruangan juga bisa memberikan kesan ekstentif dalam persepsi ruang, sehingga membuat ruangan terasa lebih hangat dan luas dibandingkan dengan pencahayaan buatan seperti lampu.

Memanfaatkan pencahayaan alami juga tentu bisa menghemat energi karena sudah banyak kita temui gerakan hemat listrik atau menghemat penggunaan daya listrik. Dengan pencahayaan alami yang optimal, maka kita semua bisa menghemat penggunaan listrik setiap harinya.

Ruangan dengan pencahayaan yang alami juga tentunya baik untuk kesehatan karena sinar matahari langsung mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, cahaya alami yang masuk juga bisa membuat ruangan Anda bebas dari kelembaban dan rasa sumpek.

Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan natural light atau pencahayaan alami di dalam rumah agar kita bisa hidup lebih sehat dan hemat? Propertinews.id telah merangkum informasinya untuk Anda. Simak selengkapnya di sini.

Gunakan Warna Interior yang Netral

Warna interior yang netral bisa membantu cahaya matahari untuk masuk dan menyebar secara merata di seluruh bagian ruangan. Selain membuat cahaya tersebar lebih merata di dalam ruangan, warna yang netral juga bisa menyatukan seluruh elemen di dalam ruangan hingga menjadi lebih cerah dan luas setelah cahaya matahari masuk ke dalam ruangan.

Manfaatkan Cermin untuk Memantulkan Cahaya

Cermin memiliki sifat memantulkan cahaya, sehingga cahaya yang masuk ke dalam ruangan bisa dipantulkan menuju arah ruangan yang lain. Itulah mengapa, penggunaan cermin cukup direkomendasikan untuk mengoptimalkan pencahayaan alami di dalam sebuah ruangan.

Kaca cermin bisa dipasang di tembok yang besar sehingga seisi ruangan juga bisa terasa lebih terang dan luas.

Jendela Besar di Ruangan yang Besar

Jangan ragu untuk memasang jendela yang lebar ataupun tinggi di ruangan, baik itu ruang tengah, ruang keluarga, ruang rekreasi, bahkan ruang makan. Jendela yang besar dan lebar akan memperluas jalan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah, sehingga ruangan terasa lebih luas dan terlihat lebih segar dengan akses langsung ke luar jendela.

Jendela tersebut juga bisa dijadikan pintu geser atau pintu lipat. Sehingga furnitur yang Anda terapkan di dalam rumah juga bersifat fungsional.

Membuat Skylight

Skylight memiliki banyak manfaat bagi rumah Anda, khususnya sebagai alternatif pencahayaan di ruangan yang tertutup banyak dinding di sisi samping. Skylight sendiri adalah jendela yang dibangun di bagian atap atau bagian atas ruangan.

Memasang jendela berkonsep skylight sangat baik untuk Anda karena skylight menerangi ruangan Anda dengan natural light yang tentunya hemat biaya listrik. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tubular dari skylight tersebut agar cahaya yang masuk ke dalam ruangan juga bisa terarah dan terfokuskan melalui satu arah.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan pencahayaan alami di dalam rumah. Anda bisa mengunakannya secara maksimal di pagi hingga sore hari, agar penggunaan listrik yang banyak dapat digunakan hanya malam hari saja. Bagaimana? Tertarik untuk menerapkan natural light di dalam rumah Anda?  (GYS)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo