Punya Ruang Tak Terpakai di Rumah? Ubah Jadi Ruang Fitness Aja

image

PropertiNews.id, Tangerang – Olahraga menjadi salah satu kegiatan penting untuk dilakukan, dalam rangka menciptakan hidup yang sehat. Ada banyak jenis  olahraga yang bisa dipilih, salah satunya fitness. Namun untuk pergi fitness di tempat gym terkadang membutuhkan waktu khusus, selain itu anda juga harus mengeluarkan biaya tiap bulannya untuk fitness di tempat gym. 

Bagi anda yang memiliki ruangan tak terpakai, tidak ada salahnya anda mengubah ruangan tersebut menjadi ruang olahraga atau ruang fitness pribadi. 

Berikut ini kami menyediakan tips membuat ruang olahraga di rumah untuk anda. 

Periksa Ruangan

Menganalisa ruangan yang akan digunakan sebagai ruang olahraga bertujuan untuk menentukan berapa banyak peralatan fitness yang bisa diletakkan di sana.  Utamakan peralatan yang diletakkan adalah peralatan yang penting terlebih dahulu, seperti treadmill, barbel, dan beberapa peralatan olahraga untuk melatih otot. 

Sesuaikan Peralatan yang Digunakan

Sesuaikan peralatan fitness dengan program latihan yang anda jalani untuk menyeleksi apa saja peralatan yang diperlukan untuk ruang fitness di rumah. Misalnya jika anda sering melakukan jogging dan bermain futsal di luar, maka anda tidak perlu lagi alat kardio di ruangan olahraga anda. Tetapi jika anda juga ingin berlatih kardio di dalam ruangan, cukup membeli satu set saja alat kardiovaskular, barbel, dan karpet untuk area pemanasan.  

Lapisi Lantai Dengan Rubber Mat

Untuk meredam suara getaran atau gerak benda-benda, lapisi lantai dengan menggunakan rubber mat. Rubber mat juga membuat lantai lebih empuk dan tidak licin sehingga dapat mengurangi resiko cedera saat berolahraga. 

Perhatikan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara di ruang olahraga menjadi hal yang penting, untuk itu pastikan sirkulasi pada ruang olahraga anda berjalan dengan baik. 

Jika sirkulasi udara tidak ada atau tidak berjalan dengan baik, maka ruangan olahraga anda akan terasa panas dan pengap. Ada baiknya ruang olahraga berada dekat dengan jendela, ketika olahraga buka jendela agar angin dapat masuk ke dalam ruangan. Namun, jika memang pada ruang olahraga anda tidak terdapat jendela sebagai sirkulasi udara, maka anda bisa mensiasati nya dengan menggunakan AC. 

Hias Dinding Ruangan 

Agar olahraga anda lebih bersemangat, anda dapat mendekor dinding anda dengan sekreatif dan semearik mungkin. Anda dapat menggunakan cat dinding polos atau bermotif untuk membuat suasana olahraga lebih atraktif. Atau anda juga bisa menghiasi dinding anda dengan berbagai kata-kata motivasi, motto olahraga, menempel poster, foto, atau papan jadwal dan progres olahraga anda.  (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo