Ruang Makan Anda Kecil? Ini Tips Menatanya Agar Terlihat Luas

image

PropertiNews.id, Tangerang – Ruangan berukuran kecil membutuhkan konsep desain yang pintar untuk mendapatkan kenyamanan dan fungsi yang maksimal. Ruang makan misalnya. Sebagai salah satu ruangan yang paling penting di rumah, keberadaan ruang makan menjadi hal wajib yang diperhatikan. Bukan hanya desain saja, konsep, warna, sampai dekorasi untuk ruang makan harus diperhatikan secara seksama, apalagi jika ruang makannya tergolong kecil. 

Nah untuk anda yang bingung bagaimana penataan interior yang tepat untuk ruang makan yang berukuran kecil, berikut kami sediakan artikelnya untuk anda. 

Manfaatkan Dinding Secara Maksimal

Dinding juga bisa anda maksimalkan dalam menata ruang makan yang kecil. Tapi jangan terlalu berlebihan, karena nantinya kesan yang akan di dapat malah semakin membuat ruang makan terlihat sempit. Selain menambahkan rak, anda juga bisa memberikan dekorasi ruang makan yang manis pada dinding untuk mengoptimalkan ruang makan mungil milik anda. Misalnya, anda bisa menambahkan hiasan dinding favorit, lukisan, atau lampu dinding untuk kesan ruang makan yang hangat. 

Gunakan Kursi yang Minimalis

Selain meja sebagai barang yang wajib hadir di ruang makan kalian, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang pasangannya: kursi. Pada ruang yang mungil, furnitur yang minimalis seperti kursi makan minimalis dengan desain simpel bisa jadi alternatif.

Kursi makan tanpa pegangan, biasa disebut dengan kursi stool, bisa menghemat ruangan di ruang makan. Pilihan lain selain menggunakan kursi tanpa pegangan atau senderan adalah kursi panjang.

Trik Cermin Agar Ruang Makan Terlihat Luas

Pernah bingung bagaimana caranya supaya ruang makan terlihat luas? Ada satu barang yang bisa membuat ruangan apapun terlihat luas. Benda ini bisa membuat ruangan terlihat luas, apalagi kalau ditaruh dalam skala besar di dinding. Efeknya akan semakin terasa kalau ditaruh dekat meja makan. Benda apa itu? Jawabannya adalah cermin.

Furnitur transparan, misalnya furnitur dari kaca juga bisa memberikan efek yang sama. Selain memberikan kesan yang elegan dan modern, menggunakan furnitur transparan seperti akrilik atau kaca untuk meja dan kursi makan dapat membuat ruangan tampak lebih cerah. 

Pilihlah Rak untuk Mengganti Lemari di Ruang Makan 

Selain meja dan kursi di ruang makan, hal lain yang diperlukan adalah tempat menyimpan peralatan makan. Namun untuk ruang makan yang kecil, memilih lemari harus sangat hati-hati, lemari yang terlalu besar bisa membuat ruang makan terlihat sempit. 

Alternatifnya adalah menggunakan rak. Rak dinding merupakan pilihan terbaik untuk menjawab permasalahan ini. Selain hemat tempat, penataan rak dinding yang tepat juga bisa membuat ruang makan terlihat lebih bagus. 

Menggunakan Meja Fungsional

Tidak hanya untuk ruang makan, di dalam ruangan apapun terutama yang memiliki ukuran terbatas, sebaiknya hindari penggunaan perabotan yang terlalu banyak. Pilihlah furnitur yang memiliki ukuran tidak besar, berbentuk sederhana, serta multifungsi. Penggunaan perabotan-perabotan multipurpose semacam itu sangatlah direkomendasikan agar ruangan yang kecil terlihat lebih fungsional dan gaya. 

Pencahayaan Ruang Makan

Pemilihan pencahayaan pada ruang makan juga menjadi elemen yang penting. Intensitas cahaya yang baik bisa memberi kesan luas sekaligus nyaman. Oleh sebab itu, selain pilihan pencahayaan artifisial, ruang makan juga sangat direkomendasikan mendapatkan pencahayaan alami. Jangan lupakan sistem ventilasi agar ruang makan bukan hanya nyaman dan menyenangkan, tetapi juga terasa segar sepanjang hari.  (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo